Auto cerah dan glowing, begini cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur

Auto cerah dan glowing, begini cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @ladyshazakhan pada (16/10/2022) lalu. Dalam videonya, ia memberikan cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari satu jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Selain bubuk kunyit, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu telur dan yogurt.

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiradang, sehingga dipercaya dapat mencegah dan bahkan mengobati berbagai masalah kulit wajah.

Cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Penggunaan masker kunyit secara rutin bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dianggap mampu mengurangi efek buruk dari sinar matahari melalui sifat antiradang dan antioksidan.

Sedangkan telur memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat dan lain sebagainya. Kandungan yang terdapat di dalam telur ini sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam putih telur, dapat memperbaiki jaringan kulit, meremajakan kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

Tak terkecuali dengan yogurt yang salah satu manfaatnya dapat mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap.

Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat. Manfaat yogurt untuk wajah juga berasal dari kandungan zinc dan kalsium di dalamnya yang dapat merangsang regenerasi sel.

Nah, dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah untuk mengatasi wajah kusam jika digunakan secara rutin. Meskipun dari bahan alami, namun masker ini juga tak kalah efektif dengan skincare yang dijual di pasaran.

Berikut cara membuatnya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @ladyshazakhan pada Jumat (12/5).

Bahan:

Cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ladyshazakhan

1. 1 butir telur
2. 1 sendok makan yogurt
3. 1 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat:

Cara mengatasi wajah kusam pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ladyshazakhan

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut pada wadah lalu aduk sampai merata
2. Aplikasikan keseluruh wajah yang sudah bersih lalu diamkan selama 10-15 menit
3. Bilas menggunakan air sampai bersih
4. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing.

@ladyshazakhan DIY face mask untuk kulit glowing. #tipswanita #kulitglowing #tipskulitcantik Living Hell by Bella Poarch - bella poarch

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES