Hanya pakai 3 bahan dapur, begini cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan secara alami

Hanya pakai 3 bahan dapur, begini cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan secara alami

Jika kamu mengalami jerawat batu atau beruntusan, dan bahkan keduanya, tak perlu khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami disekitarmu untuk mengatasinya. Kamu bahkan bisa menemukan bahan-bahannya di dapur. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @silvalim_.

"Hilangkan jerawat pasir, jerawat batu, dan jerawat lainnya," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @silvalim_, Rabu (8/2).

Dalam video unggahan yang berdurasi 25 detik itu, pemilik akun membagikan cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan pakai 3 bahan dapur. Ketiga bahan dapur tersebut adalah kunyit, madu, dan bubuk kopi.

Cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@silvalim_

Kunyit memiliki kandungan kurkumin sebagai bahan aktif utama di dalamnya. Curcumin memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mengurangi radikal bebas, anti peradangan, anti jamur, dan anti bakteri yang menjadikan kunyit ini sebagai bahan efektif untuk mengurangi beruntusan dan melawan jerawat. Dalam kunyit juga terkandung zat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga penggunaannya diyakini dapat membuat jerawat lebih cepat untuk sembuh.

Sementara madu, adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga cukup efektif dalam melawan jerawat. Manfaat madu untuk wajah berjerawat juga mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit dan membantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat. Manfaat madu untuk wajah berjerawat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat bahkan beruntusan atau jerawat itu sendiri karena sifat antiseptik dan antioksidan.

Cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@silvalim_

Sedangkan bubuk kopi, mengandung antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dapat membantu mengatasi peradangan dan meredakan jerawat pada wajah. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri. Kopi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab jerawat dan beruntusan.

Caranya, kupas 1 ruas kunyit dan tumbuk sampai halus. Kamu juga bisa menggunakan kunyit bubuk sebagai penggantinya. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya atau kurang lebih 1 sendok makan. Lalu, tambahkan juga 1 sendok teh kopi bubuk. Kemudian, aduk ketiga bahan tersebut sampai merata atau berbentuk seperti pasta. Jika teksturnya belum pas, kamu bisa menambahkan madu atau kopi bubuk untuk mendapatkan tekstur yang kamu inginkan.

Cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@silvalim_

Nah, jika sudah merata, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah secara merata. Diamkan 15-20 menit atau sampai kering, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk membuat wajahmu jadi mulus kembali.

Video unggahan yang membagikan cara mengatasi jerawat batu dan beruntusan pakai 3 bahan dapur ini sontak viral. Sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 1,1 juta kali dan menuai lebih dari 550 komentar.

"aku jga rutin pake itu,wajahku bersih," kata pemilik akun @vannezanolando.

"saya juga lagi pakek itu, alhamdulillah auto sembuh," ungkap akun @rommie_029.

"kopi bubuk + kunyit bubuk + madu..dimaskerin.. praktis g perlu ngulek," celetuk pemilik akun @sariiva1.

@silvalim_ banyak yg req #fyp #fyp #skincare #skincareroutine #diy #foryoupage #tiktokindonesia #warga62 #ditantangnetizen #samasamadirumah #viral #xyzbca LATHI () - Weird Genius & Sara Fajira

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES