Trik atasi flek hitam dan kulit kusam pakai body scrub dari 3 bahan dapur

Trik atasi flek hitam dan kulit kusam pakai body scrub dari 3 bahan dapur

Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @beautyhacks7777 pada (15/8/2022). Dalam video unggahan yang berdurasi 43 detik tersebut pemilik akun memberikan trik atasi flek hitam dan kulit kusam pakai body scrub dari 3 bahan dapur, yakni gula pasir, madu, dan lemon.

"Dark spot and dead skin body scrub (Bintik gelap dan lulur sel kulit mati)," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautyhacks7777, Rabu (21/2).

Mengutip dari LifeHack, flek hitam di kulit bisa hilang karena gula merupakan eksfolian alami. Butirannya yang kecil dan kasar itulah yang mampu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, gula juga rupanya mengandung asam glikolat. Kandungan tersebut membantu memecah sel kulit mati penyebab kusam dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Body scrub atasi flek hitam dan kulit kusam Berbagai sumber

Body scrub atasi flek hitam dan kulit kusam
freepik.com

Sementara madu juga merupakan salah satu bahan eksfoliasi alami. Tidak semua eksfoliator memiliki tekstur yang kasar, karena ternyata madu yang lembut pun memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri pada madu juga mampu memudarkan flek hitam dan membuat kulit jadi lebih cerah.

Begitupun dengan lemon yang memiliki kemampuan menghilangkan flek hitam dan bekas luka yang didapatkan dari kandungan asam sitrat yang dimiliki. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan mulus.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk lebih berhati-hati dengan penggunaan lemon. Karena bagi sebagian orang, kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis mampu membuat kulit terbakar dan iritasi. Sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat reaksi lemon pada kulit.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES