Tanpa krim pemutih, dokter ini tunjukkan cara hilangkan flek hitam di wajah pakai 1 jenis buah

Tanpa krim pemutih, dokter ini tunjukkan cara hilangkan flek hitam di wajah pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Aktivitas yang menuntut kamu untuk melakukan rutinitas di luar ruangan membuat kulit terpapar sinar matahari. Jika aktivitas ini dilakukan secara terus menerus tanpa kulit yang terlindungi, bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Perlu diketahui, paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari adalah pemicu utama terjadinya flek hitam. Sinar UV merangsang melanosit, sel-sel yang berada di lapisan basal epidermis kulit, untuk meningkatkan produksi melanin (pigmen yang memberi warna kulit).

Melanosit merespons paparan sinar UV dengan meningkatkan produksi melanin sebagai mekanisme pertahanan alami kulit untuk melindungi DNA dari kerusakan oleh sinar UV. Namun, stimulasi yang berlebihan dapat mengakibatkan produksi melanin yang tidak merata di beberapa area kulit.

Melanin yang diproduksi berlebihan kemudian menumpuk di permukaan kulit, terutama di daerah yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan, dan lengan. Penumpukan melanin inilah yang menyebabkan terbentuknya flek hitam atau hiperpigmentasi.

Memberikan tampilan yang kurang menarik pada wajah, membuat sejumlah orang ingin menghilangkan flek hitam. Ada satu cara yang bisa kamu gunakan selain menggunakan krim pemutih yaitu mengaplikasikan scrub yang terbuat dari bahan alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES