Cuma butuh 4 bahan alami, intip cara membuat shaving cream untuk cegah iritasi saat mencukur bulu

Cuma butuh 4 bahan alami, intip cara membuat shaving cream untuk cegah iritasi saat mencukur bulu

Jenis minyak kelapa yang punya kemampuan untuk menjadi krim pencukur adalah yang masih bersifat alami. Dilansir dari Dermatology Times, minyak kelapa alami belum diubah secara kimia dan tidak memiliki ekstrak tambahan.

Minyak kelapa alami yang juga sering dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik seperti sebagai pelembap dan pembersih kulit ini memungkinkan pisau cukur bergerak dan memotong dengan mulus. Sehingga, risiko tergores dan terluka menjadi sangat kecil.

Minyak kelapa alami juga mengandung asam laurat, asam linoleat, dan asam palmitat yang tergolong asam lemak bebas, sehingga dapat berfungsi dengan optimal sebagai pelembap. Sementara, shea butter merupakan pelembap yang efektif bagi kulit wajah dan tubuh.

Lemak yang terdapat di dalamnya dapat melembutkan serta mengunci kelembapan pada kulit, sehingga tetap terhidrasi dalam waktu yang lama. American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit.

Cara membuat shaving cream pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@tori_tok11

Begitu pula dengan minyak zaitun yang mengandung vitamin E tinggi dan antioksidan didalamnya. Hal ini akan membuat kulitmu jadi lebih lembut dan terhindar dari iritasi saat mencukur.

Minyak zaitun mampu memperkecil peluang timbulnya luka akibat pisau cukur dan rasa perih. Selain itu, kulit akan terasa lebih lembap selepas bercukur. Sedangkan minyak esensial ditambahkan untuk menambah aroma yang menenangkan dan menyegarkan, agar saat proses mencukur jadi lebih menyenangkan.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama, tuangkan setengah cup minyak kelapa dan setengah cup shea butter pada wadah. Setelah itu, panaskan kedua bahan tersebut hingga meleleh. Lalu, tambahkan 1/8 cup minyak zaitun pada kedua bahan tersebut dan aduk sampai merata.

Cara membuat shaving cream pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@tori_tok11

Jika sudah agak dingin, kamu bisa menambahkan 10-15 tetes minyak esensial pada larutan tersebut kemudian aduk kembali. Lantas, masukkan campuran keempat bahan tersebut pada kulkas hingga membeku.

Selanjutnya, gunakan hand mixer untuk mengaduknya kembali sampai berbusa dan bertekstur seperti krim. Setelah itu, kamu bisa langsung memindahkannya pada wadah penyimpanan, dan shaving cream buatanmu siap digunakan.

Cara membuat shaving cream pakai 4 bahan alami ini pun sontak viral. Bahkan sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 10,9 ribu kali.

Cara membuat shaving cream pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@tori_tok11

"terima kasih," komentar akun @idgaf_69420.

"Saya akan membuatnya besok. Saya perlu krim cukur, lelah menggunakan sabun batangan untuk mencukur bulu kaki saya," ungkap pemilik akun @lauraproudmomoffo.

"Saya baru saja membuat resep krim cukur saya sendiri, dan kaki saya sangat halus," kata akun @erixanderthegr8.

@tori_tok11 #diyshavingcream #naturalbeauty #diy Tek It (Sped Up) - Cafun

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES