Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah, wajah mulus kembali

Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah, wajah mulus kembali

Pigmentasi inilah yang menyebabkan kulit menggelap. Tetapi, terkena paparan radiasi sinar UV yang berbahaya secara terus menerus akan menyebabkan produksi melanin berlebih dan mengakibatkan penumpukan dan pembentukan flek hitam di kulit yang terlihat jelas.

Biasanya hiperpigmentasi nggak akan membuatmu merasa sakit, tapi memang akan mengganggu penampilan karena flek-flek hitam membuat kulit wajah terlihat belang dan kusam. Nggak heran kalau berbagai cara dilakukan untuk mencoba menghilangkan hiperpigmentasi wajah agar kulit wajah kembali cerah merata, segar, dan mulus. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti video yang diunggah oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ramsha.sultan.khan pada (4/5) lalu. Melalui postingannya, ia memberikan cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan yaitu pepaya. Tak hanya pepaya, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan bubuk kunyit.

"Powerful Homemade FaceMask for Dark Spots & Pigmentation (Masker Wajah Buatan Sendiri yang Ampuh untuk Bintik Hitam & Pigmentasi)," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ramsha.sultan.khan, Minggu (28/5).

Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya memiliki rasa yang enak, pepaya juga punya banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, dan C. Ada juga enzim proteolitiknya, seperti papaun dan chymopapain yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Berbagaikandungan tersebut menjadikan pepaya memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan.

Kandungan vitamin di dalam pepaya dapat membantu membersihkan wajah dan memudarkan flek hitam. Kandungan enzim papain dan asam alfa-hidroksi bertindak sebagai eksfoliator yang kuat dan dapat melarutkan protein tidak aktif dan sel kulit mati. Selain itu, kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan membantu mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang terbentuknya kolagen.

Lalu, vitamin A yang merupakan nutrisi penting lain bagi kulit. Vitamin A membantu meningkatkan produksi sel kulit baru sekaligus membantu mengurangi bintik hitam, noda, dan bekas luka.

Sedangkan madu mengandung sifat penyembuh alami yang terdiri dari enzim, antioksidan, dan antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit. Selain itu, madu merupakan pelembap alami yang sangat bagus. Madu juga dapat menghilangkan flek hitam pada kulit berkat kandungan antioksidan didalamnya yang mampu membantu regenerasi pembentukan sel kulit yang baru.

Tak terkecuali dengan kunyit yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam. Dilansir dari Byrdie, kunyit bisa dibuat masker untuk memudarkan flek hitam di wajah karena mengandung antiradical yang bisa menghilangkan radikal bebas dan mengandung antioksidan untuk mencerahkan wajah. Kandungan kurkumin di dalamnya lah yang dapat menangkal radikal bebas dan flek hitam.

Dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah guna mengatasi flek hitam akibat hiperpigmentasi agar wajahmu kembali mulus. Yuk, simak cara membuatnya.

Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ramsha.sultan.khan

Bahan:

1. 2 sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan.
2. 1 sendok makan madu.
3. 1/4 sendok makan bubuk kunyit.

Cara membuat:

1. Haluskan pepaya hingga berbentuk seperti pasta.
2. Ambil 2 sendok pepaya lalu tuangkan pada wadah.
3. Tambahkan madu dan bubuk kunyit lalu aduk sampai tercampur merata.
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
5. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ramsha.sultan.khan

Video unggahan yang membagikan cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah ini sontak mengundang reaksi dari warganet. Hingga kini, videonya sudah diliat sebanyak 34,4 ribu kali dan mendapatkan beberapa komentar.

"Benar benar menakjubkan," kata pemilik akun @sallukhan0818.

"Terima kasih sudah berbagi kak," celetuk akun @lovelytas1.

@ramsha.sultan.khan Powerful Homemade FaceMask for Dark Spots & Pigmentation Video by @ramsha.sultan.khan DIY Home-Made Face Mask for Dark Spots and Pigmentation: 2-3 Spoon of Papaya ( Mashed ) 1 Spoon Honey Sprinkle of Turmeric Mix Well & its Ready Apply for 15- 30 mins everyday or every 2-3 days regularly to see magical results. Papaya is a powerful ingredient for skin care due to its high concentration of papain, an enzyme that exfoliates by breaking down proteins. When applied topically, it can remove dead skin cells, unclog pores, and prevent dullness and acne. Vitamin C in papayas helps protect the skin from free radical damage, lighten dark spots, and support collagen and elastin production. The benefits of papaya also extend to hair care as the enzymes can remove build-up on the scalp and leave it healthier. Papaya is an excellent natural exfoliant. It can dissolve dead skin cells, unclog pores, and prevent dullness. Honey is also a great ingredient for the skin as it is a natural humectant, which means it can attract and retain moisture in the skin. Turmeric is a powerful antioxidant that can protect the skin from free radical damage, reduce inflammation and hyperpigmentation. The mixture of papaya , honey and turmeric can be used as a face mask to rejuvenate the skin and provide a youthful, radiant complexion. With regular use, this mask can help improve the overall appearance your skin Can Be Used By Both Men and Women . . . Video By @ramsha.sultan.khan . . Comment Your Feedback of This Face Mask after trying. . . DISCLAIMER TO FANPAGES Please Tag @ramsha.sultan.khan when you Repost this video. Untagged Reposts will be Reported under Copyright Claim. . . . . . . . . #diyfacemask #goodskin #skincareroutine #glassskin #facemask #facepack #homemade #diy #skincare #hijab #quran #islamicpost #hadiths #dawah #allahuakbar #muslimah #deen #instamuslim #muslims #viraltiktok #whatsappstatus #muslimreels #allahlovesyou #islamicreminders #faithquotes #muslimtiktok #reels #foryou #ramshasultan #ramshasultankhan original sound - Ramsha Sultan

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES