Tak perlu beli serum khusus, cewek ini bagikan cara cerahkan wajah berflek hitam pakai 1 bahan makanan

Tak perlu beli serum khusus, cewek ini bagikan cara cerahkan wajah berflek hitam pakai 1 bahan makanan

Brilio.net - Selain jerawat, wajah kusam, dan komedo, ternyata masih ada masalah kulit wajah lainnya yang juga cukup menyebalkan, seperti flek hitam atauhiperpigmentasi. Kondisi ini memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang dapat membuat tampilan wajah menjadi kurang mulus, kusam, dan memiliki warna tidak merata.

Kondisi wajah ini bisa muncul akibat berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari terlalu sering atau secara berlebihan, peradangan jerawat, efek penuaan, polusi, penggunaan skincare atau makeup yang tidak cocok, perubahan hormon dan lain-lain.

Lantas kenapa disebut hiperpigmentasi? Pasalnya, kondisi ini terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, serta rambut. Nah, paparan sinar matahari berlebih dapat memicu produksi melanin berlebihan pula, sehingga membuat bercak kehitaman muncul di permukaan kulit.

Karena hal itulah, tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mencerahkan wajah berflek hitam. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus darks spot, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang sering digunakan adalah serum wajah - memiliki fungsi khusus sesuai dengan kandungan aktif di dalamnya, salah satunya adalah mengatasi flek hitam. Meski efektif, namun nyatanya ada bahan alami yang tak kalah ampuh dan efektif untuk mencerahkan wajah berflek hitam.

Seperti halnya unggahan dari seorang cewek melalui akun TikTok pribadinya @itsjustpampam, yang justru memakai 1 jenis bahan makanan, yaitu beras.

Beras cerahkan wajah berflek hitam TikTok

Beras cerahkan wajah berflek hitam
TikTok/@itsjustpampam

Kandungan dan manfaat beras untuk mencerahkan dan mengatasi flek hitam di wajah.

Nggak hanya digunakan sebagai bahan makanan pokok, beras juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, lho. Pasalnya, bahan alami ini mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang berdampak buruk pada kesehatan kulit.

Selain itu, beras akan bekerja sebagai eksfoliator alami yang dapat mencerahkan noda dan flek hitam pada wajah. Bahkan, beras mampu mengatasi flek hitam akibat hiperpigmentasi, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin di dalamnya. Bahan makanan ini juga memiliki sifat pemutih alami yang efektif untuk mencerahkan wajah, meratakan warna kulit, dan memperlambat produksi melanin berlebih.

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, beras efektif untuk mencerahkan wajah dan memudarkan flek hitam, sehingga dapat membuat wajah lebih mulus berkat antioksidan di dalamnya.

Hanya dengan beras saja, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif untuk mencerahkan wajah sekaligus memudarkan flek hitam. Bahkan masker ini juga akan bikin wajah lebih glowing dan awet muda. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @itsjustpampam, Rabu (15/5).

Beras cerahkan wajah berflek hitam TikTok

Beras cerahkan wajah berflek hitam
TikTok/@itsjustpampam

Bahan:

- Segenggam beras
- Air secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci beras sebanyak 2-3 kali sampai benar-benar bersih
2. Masukkan air pada panci lalu tambahkan beras
3. Masak hingga beras setengah matang dan teksturnya lengket
4. Matikan kompor lalu tunggu sampai hangat
5. Blender beras yang sudah setengah matang tersebut sampai teksturnya lebih lembut
6. Cuci wajah terlebih dahulu dari kotoran yang masih menempel lalu keringkan
7. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
8. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering
9. Bilas menggunakan air sampai bersih
10. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
11. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Beras cerahkan wajah berflek hitam TikTok

Beras cerahkan wajah berflek hitam
TikTok/@itsjustpampam

@itsjustpampam Glass Skin Rice Mask for brightening and hyperpigmentation #ricemask #koreanskincare #koreanglassskin #glassskin #koreanskincare Lady Killers II - G-EAZY

(brl/ola)

tags

STORIES