Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah, wajah mulus kembali

Cara menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis buah, wajah mulus kembali

Brilio.net - Salah satu masalah yang menjadi perhatian dari para wanita Indonesia adalah hiperpigmentasi wajah dalam bentuk apapun. Hiperpigmentasi bisa diderita oleh siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kulit. Hiperpigmentasi adalah istilah untuk area kulit yang warnanya lebih gelap daripada area sekitarnya.

Penyebabnya adalah sel melanosit yang memproduksi melanin, yaitu zat pigmen yang memberi warna bagi kulit dan rambut, lebih banyak di area tersebut. Hiperpigmentasi dapat terjadi di seluruh tubuh, bentuknya berupa bintik-bintik kecil atau bercak yang berukuran besar, serta berwarna gelap sampai hitam. Hal ini biasa disebut dengan flek hitam.

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari terlalu sering dan lama, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu, semisal pil KB, dan kehamilan. Pada dasarnya, produksi melanin adalah mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melawan efek kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Pembentukan ini terjadi karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES