Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur, bikin rambut tumbuh lebat

Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur, bikin rambut tumbuh lebat

Begitupun dengan rosemary oil yang mengandung asam lemak bernama asam linoleat dan asam oleat. Kedua jenis asam ini memberikan lapisan minyak pada batang rambut. Hal ini mencegah penguapan kadar air pada batang rambut. Jadi, rambut akan tampak sehat dan halus serta tanda-tanda rambut kering akhirnya bisa berkurang.

Minyak rosemary juga berpotensi mengurangi ketombe. Perlu diketahui, salah satu penyebab ketombe adalah infeksi jamur Malassezia. Telah diketahui sebelumnya bahwa minyak rosemary bersifat antijamur. Mengutip riset terbitan Journal de Mycologie Mdicale (2016), sifat ini berasal dari kandungan alfa-pinene, linalool, dan 1,8 cineole. Ketiganya berpotensi menghambat pertumbuhan jamur.

Sementara madu mengantongi beragam kandungan, seperti mineral, vitamin, protein, serta antioksidan. Madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini sebagai pelembap yang mampu menutrisi rambut. Sifat emolien pada madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Sementara sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

Menjaga kesehatan kulit kepala juga menjadi bagian dari manfaat madu untuk rambut. Khasiat madu untuk rambut dapat digunakan untuk membersihkan kulit kepala. Selain itu, madu juga bisa membantu meredakan ketombe. Kabar baiknya lagi, efek melembapkan dari madu juga berlaku untuk kulit kepala.

Tak terkecuali dengan cuka apel yang juga mengandung antimikroba yang dapat mencegah masalah kulit kepala seperti jamur atau bakteri. Selain itu, terdapat kandungan vitamin yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Cuka apel kaya akan kandungan vitamin C dan B. Selain itu, fermentasi buah apel ini juga mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit kepala. Kandungan antiinflamasi dalam cuka apel juga dapat membantu mengatasi ketombe.

Dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut kamu bisa membuat scrub kulit kepala untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering. Berikut cara membuatnya.

Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@amberpot

Bahan:

1. 1/2 cup gula pasir.
2. 2 sendok makan minyak kelapa.
3. 6 tetes rosemary oil.
4. 1 sendok makan madu.
5. 1 sendok makan cuka apel.

Cara membuat:

Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@amberpot

1. Campurkan bahan-bahan pada wadah lalu aduk merata.
2. Aplikasikan pada rambut yang sudah dibasahi khususnya bagian kulit kepala secara menyeluruh.
3. Gosok-gosok perlahan dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
4. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner favoritmu ya.
5. Gunakan secara rutin sekali seminggu untuk hasil yang optimal.

Video unggahan yang memberikan cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur ini sudah dilihat sebanyak 108,8 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 7.800 tanda suka.

@amberpot This is how I make my own scalp scrub , save this video for later! #scalpscrubdiy #scalpscrub #hairtok #hair #haircare #removebuildup #growhair #hairtips #hairgrowthtips #hairmasks #hairtutorial #scalp #cleanscalp #scalphealth original sound - audios

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES