Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur, bikin rambut tumbuh lebat

Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur, bikin rambut tumbuh lebat

Brilio.net - Perubahan cuaca akhir-akhir ini yang cenderung kering membuat kulit kepala menjadi lebih mudah gatal. Rasa sulit menahan keinginan untuk menggaruk, akhirnya membuat serpihan kulit kepala yang dikenal dengan ketombe, berjatuhan di pakaian yang dikenakan.

Ketombe akan muncul saat terjadi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Salah satu keluhan yang akan muncul adalah terlihatnya serpihan putih pada rambut. Berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe antara lain kebersihan kulit kepala dan rambut yang tidak terjaga, kulit kepala yang kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, dan infeksi jamur.

Meski tak menular, masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri pengidapnya. Ketombe merupakan gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahunan. Risikonya juga rentan dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun. Salah satu cara menghilangkan ketombe yang ampuh adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @amberpot pada 2 April 2023 lalu. Dalam unggahannya, ia membagikan cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur. Gula, minyak kelapa, rosemary oil, madu, dan cuka apel adalah bahan dapur yang digunakan dalam trik ini.

"This is how I make my own scalp scrub (Ini adalah bagaimana saya membuat scrub kulit kepala saya sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @amberpot, Selasa (9/5).

Cara atasi ketombe dan kulit kepala kering dengan 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Gula pasir merupakan salah satu bahan alami yang mampu menjadi scrub untuk membantu eksfoliasi kulit kepala. Dengan begitu, ketombe dan kulit kepala yang kering bisa terangkat dengan baik. Hal ini berkat teksturnya yang sedikit kasar, jadi jika digunakan secara rutin rasa gatal di kepala akan berangsur menghilang.

Sedangkan kandungan minyak kelapa bersifat antimikroba dan antijamur, sehingga dapat menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang mampu melembapkan sekaligus menutrisi kulit kepala. Bahkan minyak multifungsi ini juga kaya akan antioksidan yang bisa kamu gunakan untuk menghalau jamur penyebab ketombe.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES