Mudah dilakukan, begini cara membuat sabun cair natural menggunakan bahan alami

Mudah dilakukan, begini cara membuat sabun cair natural menggunakan bahan alami

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/Monimici

Dilansir brilio.net dari channel YouTube/Monimici pada Rabu (22/2), cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan cooker terlebih dahulu, minyak zaitun dan minyak kelapa. Selanjutnya timbang dengan takaran 240 gram minyak zaitun atau olive, 30 gram minyak kelapa, dan 30 gram castor oil.

"Nyalakan cooker ke setting high, agar minyak tersebut cepat panas," ucap monimici.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Setelah itu, buatlah lye solution dari bahan air distilasi dengan ukuran 100 gram. Lalu, vegetable glycerin sebanyak 220 gram, dan potassium hydroxide kurang lebih 52 gram. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan aduk hingga rata. Jika suhu cooker sudah 80 derajat, artinya sabun bisa dibikin.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Jika bahan campuran minyak tersebut sudah panas, campurkan dengan lye solution yang sebelumnya dibuat. Setelah itu, blend menggunakan stik blender kurang lebih 10 menit saja. Suhu pada minyak juga harus diperhatikan agar tidak lebih dari 100 derajat. Pasalnya, jika berlebihan, minyak bisa meluap.

Langkah berikutnya yaitu diamkan campuran bahan tersebut kurang lebih 15 menit. Setelah itu, barulah tambahkan madu murni ke dalam bahan campuran tersebut dan aduk kembali. Tahapan berikutnya, diamkan bahan tersebut kurang lebih 15 menit dalam kondisi slow cooker menyala dan settingan panas yang rendah. Setelah itu, aduk kembali semua bahan tersebut.

Madu mengandung sejumlah glukosa, fruktosa, asam hidroksi, dan sejumlah vitamin, serta mineral.Bahan alami satu ini memiliki sejumlah manfaat untuk mengatasi peradangan, mencerahkan, mencegah tanda-tanda penuaan, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit.

"Cek suhu, kalau masih di kisaran 70-90 derajat celcius. Setting slow cooker dengan suhu panas di low. Tapi kalau suhunya di bawah itu, naikkin settingnya jadi "high" lanjut sabun cairnya kita "masak" di slow cooker," jelas pemilik video.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Jika sudah satu jam dimasak, sabun cair tersebut akan memberikan warna cokelat dan memiliki tekstur berscrub. Namun, pada tahapan ini sabun cair belum bisa kamu gunakan. Kamu perlu mengaduk kembali hingga sabun cair tersebut memiliki tekstur kenyal, seperti puding.

Setelah itu, tutup slow cooker dan masak lagi sabun tersebut hingga memiliki tekstur cair. Nah, pada tahapan ini sabun cair ini hampir jadi. Lakukan uji coba atau lakukan clarity tes terlebih dahulu dengan cara memasukan bahan adonan tersebut ke air distilasi.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Nah, jika air distilasi tersebut masih keruh, tandanya sabun cair tersebut belum siap untuk digunakan. Maka dari itu, campuran adonan tersebut perlu untuk dimasak kembali kurang lebih satu jam. Jika sudah, lakukan uji clarity tes untuk yang kedua kalinya. Jika warna airnya bening, tandanya sabun cair sudah bisa digunakan.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Tahap selanjutnya adalah memasuki cara fase diluting. Caranya yaitu masukkan 500 gram air distilasi dan campurkan ke slow cooker. Lalu, lanjutkan memasak dengan setting panas rendah hingga buih sabunnya larut. Hasil dari proses dilute ini memberikan tekstur cair.

cara membuat sabun cair berbagai sumber

foto: YouTube/ Monimici

Tahapan terakhir, masukkan sabun cair tersebut ke wadah plum yang sudah dibersihkan. Tuangkan kurang lebih 100 gram dan tambahkan essential oil kurang lebih 20 gram. Kemudian aduk bahan campuran tersebut hingga rata dan diamkan kurang lebih satu minggu sebelum digunakan.

"Biar wanginya lebih ngeblend gitu deh, selamat mencoba," ucapnya

Sementara itu, unggahan video itu pun menarik perhatian netizen hingga sejumlah diantara mereka ingin mencoba membuat sabun mandi cair sendiri. Tidak hanya itu, video yang ditonton hingga 11 ribu pengguna YouTube itu pun dibanjiri beragam komentar.

"Jelas banget pemaparannya jd pengen cobain nih," tulis akun @Selfi Anggraini.

"Waah lama juga ya ternyata bikin sabun cair natural," komentar akun @Riza Maulida.

"Kalau untuk panasin oilnya pakai kompor listrik apa sama aja dengan pakai slow cooker?" tanya akun @Dewi.

"Enakan slow cooker sih kak. Pakai kompor listtrik harus ditungguin takut gosong," jawab pemilik video.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES