Lebih aman dan antiiritasi, ini cara mudah membuat sabun mandi dari bahan alami

Lebih aman dan antiiritasi, ini cara mudah membuat sabun mandi dari bahan alami

Brilio.net - Tahukah kamu? Bahwa sabun mandi batang bisa kamu buat sendiri lho di rumah. Memang, cara membuat sabun mandi menggunakan bahan alami terdengar begitu asing. Namun membuat sabun mandi sendiri ini memberikan sejumlah manfaat yang kamu dapatkan. Selain hemat, kamu juga terhindar dari bahaya bahan kimia yang terkandung pada sabun buatan pabrik.

Di sisi lain, membuat sabun mandi sendiri juga bisa disesuaikan dengan selera yang kamu inginkan. Namun sayangnya, sebagian orang beranggapan membuat sabun mandi sendiri membutuhkan waktu dan cara yang cukup sulit. Namun hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan. Pasalnya kini terdapat cara yang mudah untuk membuat sabun dari bahan alami, seperti halnya aloe vera.

Nah, cara membuat sabun mandi ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @spicymoustache pada, 14 Maret 2022 lalu. Dalam video yang mendapatkan like kurang lebih tiga juta pengguna TikTok itu menggunakan bahan utama, seperti aloe vera dan dry lavender.

Seperti yang kita ketahui, aloe vera ini memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Pasalnya, bahan alami yang satu ini mengandung vitamin, mineral, gula, enzim, asam salisilat, dan asam amino. Dengan adanya semua kandungan tersebut aloe vera bisa menenangkan kulit iritasi karena sengatan matahari, memudarkan bintik hitam, melembapkan, mencegah penuaan dini, dan mengatasi jerawat.

Sementara itu, bahan alami lainnya yakni dry lavender ini berguna untuk mengatasi sunburn dan jerawat. Hal ini lantaran, lavender ini memiliki kandungan berupa antiseptik, antioksidan, dan antiinflamasi. Bahkan tidak hanya itu, penggunaan lavender sebagai bahan sabun ini bisa memberikan keharuman ketika digunakan.

Nah, itulah manfaat dari penggunaan dua bahan alami untuk sabun mandi. Lantas, bagaimana cara membuat sabun mandi menggunakan kedua bahan tersebut?

cara mudah membuat sabun mandi Berbagai sumber

foto: TikTok/@spicymoustache

Cara pertama yang dibagikan oleh spicymoustache adalah siapkan tiga buah lidah buaya, bahan dasar sabun (gliserin), dan dry lavender. Nah, sebelumnya bersihkan lidah buaya terlebih dahulu dari kulitnya. Kamu cukup gunakan buah atau gel lidah buaya.

Cara berikutnya yaitu blend lidah buaya tersebut hingga halus. Jika sudah, masukan ke dalam mangkuk bersih.

cara mudah membuat sabun mandi Berbagai sumber

foto: TikTok/@spicymoustache

Langkah berikutnya yaitu cairkan bahan dasar sabun yang memiliki bentuk kotak. Jika sudah cair, masukkan aloe vera gel bersama bahan dasar sabun tersebut. Lalu, tambahkan dry lavender ke dalam olahan sabun. Jika sudah aduk dan tambahkan beberapa tetes essential oil.

cara mudah membuat sabun mandi Berbagai sumber

foto: TikTok/@spicymoustache

"Dry lavender, optional," keterangan dalam video, dikutip briliobeauty.net dari TikTok @spicymoustache pada, Senin (23/1).

Aduk kembali kombinasi bahan tersebut. Jika sudah, masukkan semua bahan campuran itu ke dalam cetakkan wadah silikon yang sudah dibersihkan. Langkah terakhir yaitu diamkan sabun tersebut hingga memiliki bentuk padat.

cara mudah membuat sabun mandi Berbagai sumber

foto: TikTok/@spicymoustache

Hanya dengan menggunakan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa menggunakan sabun tersebut. Di sisi lain, unggahan video yang tersebut pun mendapatkan komentar kurang lebih 15 ribu pengguna TikTok.

"Hei, bahan dasar sabun bukan bahan natural," tulis akun @yok.

"Hei, aku tahu!kamu bisa mendapatkannya di toko online," jawab pemilik video.

"Apa itu bahan dasar sabun?" tanya akun anderewC.COVE.

"Itu basic seperti glycerin," jawab akun @Cycle Rvolution .

"Berapa lama saya harus membiarkannya duduk di air? teruslah bekerja dengan baik kawan," tanya akun @Steven.

"Hanya 10 hingga 15 menit," jawab pemilik video.

@spicymoustache Homemade 100% natural hand soap! #foryourpage #fyp #contentcreator #asmr #asmrsounds #asmrvideo #asmrtiktok #learnontiktok #soap #soapasmr Chopin Nocturne No. 2 Piano Mono - moshimo sound design

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES