Hanya pakai 5 bahan alami, ini cara membuat moisturizer untuk cegah wajah kering dan mengelupas

Hanya pakai 5 bahan alami, ini cara membuat moisturizer untuk cegah wajah kering dan mengelupas

Shea butter merupakan pelembap yang efektif bagi kulit wajah dan tubuh. Lemak yang terdapat di dalamnya dapat melembutkan serta mengunci kelembapan pada kulit, sehingga tetap terhidrasi dalam waktu yang lama. Dilansir dari American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit. Bagi kamu yang sering mengalami kulit kering, bahkan sampai pecah-pecah, kasar, dan mengelupas, shea butter bisa menutrisinya kembali.

Cara membuat moisturizer pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@katchupwithkarla

Begitupun dengan minyak kelapa atau coconut oil dapat menjadi bahan untuk membuat moisturizer. Hal ini karena kandungan mineral bernama petroleum di dalam minyak kelapa bisa menahan kandungan air di dalam kulit sehingga menjadikannya tetap lembap dan terhidrasi. Sementara vitamin E, merupakan jenis vitamin yang dapat larut dalam lemak dan memiliki efek antioksidan. Banyak manfaat vitamin E untuk kulit, mulai dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Sementara itu, minyak lavender merupakan bahan yang dapat digunakan langsung pada kulit untuk membantu mengunci kelembapan. Lebih lanjut, adanya sifat antimikroba dan antijamur di dalam minyak lavender sangat berguna untuk melawan bakteri yang menyebabkan eksim. Lalu tea tree oil atau minyak pohon teh bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah. Melansir laman Healthline, minyak pohon teh dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi rasa gatal dan iritasi.

Cara membuat moisturizer pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@katchupwithkarla

Proses pembuatannya cukup mudah, pertama, siapkan 1/2 cup shea butter dan 1/2 cup minyak kelapa. Kemudian, campur keduanya dah lelehkan di atas air yang mendidih. Setelah itu, tambahkan vitamin E secukupnya, 4-5 tetes minyak lavender, dan 4-5 tetes tea tree oil. Lalu, aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata. Lebih lanjut, masukkan kedalam wadah tertutup dan diamkan beberapa waktu sampai mengeras. Moisturizer buatanmu bisa langsung kamu gunakan.

Cara membuat moisturizer untuk cegah wajah kering dan mengelupas pakai 5 bahan alami ini sontak mengundang beragam respon dari warganet. Hingga saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 40,9 ribu kali dan menuai beberapa komentar.

@katchupwithkarla Make your own face moisturizer #holisticwellness #facemoisturizer #organicproduct #diyprojects Aesthetic - Tollan Kim

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES