Hanya pakai 1 jenis bunga, begini cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam

Hanya pakai 1 jenis bunga, begini cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam

Dalam video yang diunggah, pemilik akun membagikan cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam pakai 1 jenis bunga. Bunga yang digunakan adalah bunga telang. Tak hanya bunga, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu beras.

"Masker biru bantu kecutkan jerawat dan cerahkan kulit," tulisnya dalam video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nooraini_noni, Rabu (8/3).

Cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam pakai 1 bunga Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga telang merupakan tanaman asli Asia dengan warna biru yang khas. Bunga dengan nama ilmiah Clitoria ternatea ini kaya akan kandungan anthomicin dan antosianin, yakni senyawa antioksidan yang juga memberi warna pada bunga. Kandungan inilah yang membuat bunga telang sering digunakan dalam industri kecantikan dan kesehatan, serta sebagai pewarna alami.

Biasanya, bunga telang ini diolah menjadi teh untuk menjaga kecantikan dari dalam, dan digunakan sebagai bahan baku masker untuk menjaga kecantikan dari luar. Sifat menenangkan dari ekstrak bunga telang dapat meminimalkan kemerahan akibat iritasi, jerawat, atau kulit kering. Kandungan vitamin A, C, dan E yang kaya akan antioksidan pada bunga telang akan membantu memperbaiki skin barrier alami. Sehingga mampu menghambat enzim yang merangsang melanin penyebab kulit kusam.

Sementara beras kaya akan inositol dan allantoin. Inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sementara allantoin adalah zat pelembap alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit, mencegah iritasi dan menghilangkan bekas jerawat. Kandungan allantoin yang lembut membuat kulit yang berjerawat atau sensitif tidak semakin parah.

Dari kedua bahan yang sebutkan, kamu bisa memanfaatkannya sebagai face mask untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam di wajahmu. Berikut cara membuatnya.

Cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam pakai 1 bunga Berbagai sumber

foto: TikTok/@nooraini_noni

Bahan:

1. Bunga telang.
2. Beras.
3. Air.

Cara membuat:

1. Rendam beberapa tangkai bunga telang pada air sampai air berubah warna menjadi biru pekat.
2. Cuci beras secukupnya sampai bersih dan masukkan kedalam blender.
3. Jika air rendaman bunga telang sudah berwarna pekat, masukkan kedalam blender.
4. Haluskan kedua bahan tersebut sampai merata dan berbentuk seperti pasta.
5. Aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan sampai kering atau sekitar 10 menit.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan cerah.

Cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam pakai 1 bunga Berbagai sumber

foto: TikTok/@nooraini_noni

Cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam pakai 1 jenis bunga ini lantas viral dan mendapatkan respon dari warganet. Sampai sekarang videonya sudah dilihat sebanyak 6.488 kali dan lebih dari 350 tanda suka.

@nooraini_noni NAK GLOWING RAYA BUAT NI#pendidikankulit #viral #tiktok #natural #rawat #fyp #fyp #racunintiktok#scar #skincare #acne #nonibantu #cantikraya Rude Remix - DRXML

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES