Hanya pakai 1 jenis bunga, begini cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam

Hanya pakai 1 jenis bunga, begini cara membuat face mask untuk atasi jerawat dan wajah kusam

Brilio.net - Terkadang timbulnya jerawat yang membandel sering kali mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Kondisi ini disebabkan karena produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat timbul jika saluran keluar minyak tersebut tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, atau infeksi bakteri.

Jerawat muncul berupa bintik komedo atau benjolan pada area kulit yang banyak memiliki folikel rambut, seperti wajah, leher, bahu, dada, dan punggung. Jika jerawat dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, jerawat tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, mengurangi rasa percaya diri, serta memicu timbulnya komplikasi kulit yang lebih parah. Komplikasi akibat jerawat yang tidak ditangani biasanya berupa timbulnya bekas kehitaman, bopeng atau scar acne, depresi, hingga beberapa kasus dapat terjadi keloid.

Selain jerawat, masalah umum yang kerap dialami oleh kebanyakan orang adalah kulit kusam. Kulit kusam bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, kebanyakan orang akan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau menggunakan berbagai produk skincare.

Padahal, bahan-bahan kimia yang terdapat di produk skincare justru bisa memicu keadaan wajah yang lebih parah. Nah, sebagai solusinya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa kamu temui disekitarmu. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @nooraini_noni.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES