Tanpa pakai lidah buaya, ini trik hilangkan jerawat membandel di wajah pakai masker dari 1 jenis bunga

Tanpa pakai lidah buaya, ini trik hilangkan jerawat membandel di wajah pakai masker dari 1 jenis bunga

Brilio.net - Penyebab utama wajah menjadi penuh jerawat adalah terjadinya penyumbatan folikel sebum pada pori-pori kulit. Sebum merupakan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebum untuk melindungi kulit. Sayangnya, produksi sebum berlebih dan sel-sel kulit mati yang tersumbat pada folikel rambut seringkali jadi kondisi ideal bagi bakteri propionibacterium acnes berkembang dengan baik.

Ketika bakteri ini berkembang dengan pesat, akan menyebabkan terjadinya peradangan dan pembentukan jerawat. Hal ini biasanya terjadi ketika remaja, masa kehamilan, dan sebelum menstruasi. Ketika dalam kondisi tersebut, hormon androgen akan merangsang kelenjar sebum yang bisa menghasilkan minyak lebih banyak.

Selain dipengaruhi oleh bakteri dan penumpukkan kotoran, munculnya jerawat juga bisa berasal dari faktor lain. Salah satunya adalah makanan dengan kandungan tertentu, seperti tinggi gula dan bahan pengawet. Makanan tersebut bisa memicu terjadinya peradangan dan memengaruhi kondisi jerawat.

Untuk mencegah dan menghilangkan jerawat yang membandel, langkah yang perlu kamu lakukan adalah rutin membersihkan wajah. Tahapan ini bisa kamu lakukan menggunakan produk pembersih dengan tekstur lembut sebanyak dua kali dalam sehari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Gunakan produk skincare dengan kandungan asam salisilat dan benzoyl peroxide yang bisa membersihkan folikel dan mengurangi peradangan.

(brl/jad)

tags

STORIES