Cuma pakai 3 bahan makanan, begini cara membuat serum antiaging agar kulit tampak awet muda

Cuma pakai 3 bahan makanan, begini cara membuat serum antiaging agar kulit tampak awet muda

Dalam video yang diunggahnya, pemilik video tersebut menggunakan oatmeal, santan, dan flaxseed. Bukan asal pilih, rupanya ketiga bahan makanan tersebut nggak cuma bagus untuk tubuh, tapi juga kulit. Oatmeal mengandung senyawa saponin yang membantu membersihkan dan membuang kotoran dan minyak yang menumpuk pada permukaan kulit.

Kandungan beta glucan di dalam oatmeal juga membantu menjaga kelembaban kulit dan meredakan peradangan. Oatmeal juga dapat membantu memperbaiki kerusakan dan meningkatkan elastisitas kulit. Sedangkan coconut milk mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam linoleat yang dapat melindungi dari radikal bebas dan sinar UV.

Di sisi lain, kandungan vitamin C dan E yang ada pada santan dapat mencerahkan dan meningkatkan produksi kolagen. Terakhir ada flaxseed atau biji rami yang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Kedua kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

Asam lemak esensial tersebut juga membantu menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki elastisitas kulit. Biji rami juga mengandung lignan, senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain menggunakan ketiga bahan makanan tersebut, pemilik video juga menambahkan aloe vera yang bisa membantu menjaga kelembapan wajah.

Semua bahan tersebut bisa kamu racik jadi serum wajah. Untuk membuatnya, kamu bisa menyontek tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Grandma's Recipes, seperti dilansir briliobeauty.net pada Senin (8/5).

Bahan-bahan:

cara membuat serum antiaging agar kulit tampak awet muda berbagai sumber

foto: YouTube/Grandm's Recipes

1. 2 Sendok makan oatmeal
2. 110 ml santan
3. 2 Sendok makan flaxseed
4. Aloe vera

Cara membuat:

cara membuat serum antiaging agar kulit tampak awet muda berbagai sumber

foto: YouTube/Grandma's Recipes

1. Masukkan oatmeal ke dalam mangkuk bersih
2. Tuangkan santan
3. Aduk kedua bahan tersebut
4. Diamkan kurang lebih 30 menit
5. Haluskan bahan tersebut menggunakan blender
6. Pada wadah yang berbeda, masak flaxseed dengan 150 ml air bersih
7. Masak kurang lebih 10 menit dan saring
8. Campurkan bahan sebelumnya yang telah dihaluskan dengan extrak flaxseed
9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
10. Tambahkan satu sendok makan aloe vera gel
11. Aduk kembali dan tambahkan enam tetes essential oil
12. Masukkan campuran bahan tersebut ke dalam botol serum.

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut serum antiaging ini sudah bisa kamu pakai. Sementara itu, serum dari tiga bahan makan tersebut bisa kamu pakai kurang lebih 10 hari ketika di simpan di lemari pendingin.

(brl/mal)

tags

STORIES