Cuma pakai 3 bahan alami, begini cara mengatasi kurap agar kulit kembali mulus dan bebas gatal

Cuma pakai 3 bahan alami, begini cara mengatasi kurap agar kulit kembali mulus dan bebas gatal

Sementara jeruk nipis, memiliki kandungan antimikroba dan antifungi. Jeruk nipis juga diklaim mampu menghambat pertumbuhan fungi maupun mikroba lainnya. Bahkan, jeruk nipis juga mampu mengurangi gatal-gatal dan mempercepat penyembuhan luka.

Sedangkan kapur sirih, juga bisa digunakan sebagai obat bersamaan dengan bahan lain, seperti untuk mengatasi batuk selesma, gusi bengkak, bisul, masalah haid, digigit serangga serta penyakit kulit misalnya panu, kurap dan kutil.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, pertama, parut 1 rimpang kunyit dan letakkan pada wadah. Setelah itu, tambahkan 1 buah perasan jeruk nipis dan 1/4 sendok makan kapur sirih yang sudah dihaluskan. Kemudian, campur ketiga bahan tersebut sampai merata.

Lantas, balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap. Tunggu sekitar 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara mengatasi kurap pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

Namun, bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati dengan penggunaan jeruk nipis. Pasalnya, bagi sebagian orang, kandungan asam yang terlalu tinggi pada jeruk nipis mampu membuat kulit jadi mudah iritasi. Sebaiknya, lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan resep ini, ya.

Cara mengatasi kurap pakai 3 bahan alami ini pun langsung viral dan mengundang beragam respon dari warganet. Hingga artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 117,7 ribu kali dan menuai lebih dari 90 komentar.

Cara mengatasi kurap pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

"mntep ibu makasih resep obat alaminya," komentar pemilik akun @shemy020.

"betul skali bund. sy punya kucing telinganya jamuran..di kasih parutan kunyit minyak anget gosokan pake kapas.insya allah sembuh," celetuk akun @iiswiarsih2.

"makasih infonya," kata pemilik akun @risafirnasari.

@ibuneupik kunyit obat eksim dan kurap#obatherbal #semogabermanfaat suara asli - MariaIndri

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES