Cuma pakai 3 bahan alami, begini cara mengatasi kurap agar kulit kembali mulus dan bebas gatal

Cuma pakai 3 bahan alami, begini cara mengatasi kurap agar kulit kembali mulus dan bebas gatal

Brilio.net - Ada banyak penyakit kulit yang dapat menular dan mengakibatkan permasalahan serius, salah satunya adalah kurap. Kurap memang tidak berbahaya, tetapi seringkali membuat penderitanya merasa malu. Pasalnya, masalah kulit ini menimbulkan kesan tidak bersih atau jorok sehingga siapa pun yang mengalaminya pasti ingin segera mengatasi kurap tersebut.

Kulit yang terinfeksi menjadi ruam merah, bersisik, dan terasa sangat gatal adalah beberapa gejala kurap. Penyakit kurap bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, baik pada kulit tubuh, kulit kepala, hingga kuku. Infeksi kulit ini cukup meresahkan dan mengganggu penampilan karena sensasi gatal dan kering yang dirasakan.

Walau kurap dapat menginfeksi kuku atau wajah, bagian yang paling sering terkena adalah lengan, kulit kepala, dan daerah lipatan. Hal ini karena area tersebut sering berkeringat dan lembap sehingga jamur betah tumbuh dan berkembang biak di sana.

Terlebih, kurap adalah penyakit yang sangat mudah menular melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lainnya sehingga orang-orang mungkin akan menjauh dari kamu bila terinfeksi penyakit satu ini.

Cara mengatasi kurap pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

Namun kamu tak perlu malu, khawatir, ataupun resah bila mengalami penyakit kurap. Sebab, ada berbagai bahan alami di rumah yang bisa dijadikan sebagai alternatif cara mengobati kurap.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @ibuneupik pada (24/7/2021). Melalui video unggahan yang berdurasi 25 detik tersebut pemilik akun membagikan cara mengatasi kurap cuma pakai 3 bahan alami. Bahan-bahan yang digunakan adalah kunyit, jeruk nipis, dan kapur sirih.

"Sembuhkan eksim & kurap dengan kunyit," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ibuneupik, Rabu (8/2).

Kunyit yang merupakan jenis rempah-rempah dengan sifat antiinflamasi juga dapat dimanfaatkan untuk atasi kurap. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya mampu bertindak sebagai antimikroba.

Rempah ini juga merupakan antijamur yang efektif dengan menghambat pertumbuhannya. Mengutip Medical News Today, bagian dari kunyit yang dikenal sebagai kurkumin diyakini yang berperan atas berbagai manfaat kesehatan.

Cara mengatasi kurap pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES