Trik redakan rasa gatal akibat kurap hanya pakai 1 daun tanaman liar ini bikin kulit jadi tenang

Trik redakan rasa gatal akibat kurap hanya pakai 1 daun tanaman liar ini bikin kulit jadi tenang

Brilio.net - Masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang tidak hanya kulit kering dan pecah-pecah saja. Melainkan terdapat penyakit kulit yang cukup membuat sejumlah orang risau yaitu kurap atau biasa disebut tinea. Penyakit kulit ini bisa terjadi karena disebabkan oleh berkembangnya jamur dermatofita yang menyerang kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, faktor lain yang memengaruhi kondisi ini adalah kelembapan yang membuat jamur berkembang biak dengan cepat.

Nah, biasanya kurap bisa menular dengan cara menyebar melalui kontak langsung dengan orang terinfeksi. Contoh penularannya yaitu menggunakan barang-barang pribadi yang terkontaminasi, seperti handuk ataupun pakaian.

Sementara itu, gejala dari kurap yang sering kali dialami oleh semua orang adalah munculnya ruam kemerahan dan bersisik. Tidak hanya itu, ruam ini juga disertai dengan rasa perih dan gatal. Nah, sudah pasti rasa gatal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Agar rasa gatal tersebut reda, terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Salah satunya adalah memanfaatkan lingkungan sekitar, seperti menggunakan tanaman liar yaitu daun binahong (Anredera cordifolia). Bahan alami ini merupakan tanaman merambat yang memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, termasuk bisa mengatasi rasa gatal akibat kurap.

Hal ini lantaran daun binahong mempunyai senyawa antiinflamasi, seperti flavonoid dan polifenol yang dapat meredakan rasa gatal, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Lalu, adanya sifat antijamur dan antipruritik di dalamnya juga dapat membunuh bakteri akibat kurap.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES