Bebas kusam dan belang, ini cara membuat lulur untuk memutihkan kulit pakai 4 bahan dapur

Bebas kusam dan belang, ini cara membuat lulur untuk memutihkan kulit pakai 4 bahan dapur

Sudah bukan rahasia lagi jika beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan sekaligus memutihkan kulit. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Sementara kunyit, dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah berkat kandungan bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin ini merupakan sejenis antioksidan kuat yang bisa menangkal radikal bebas serta melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Di samping itu, efek dari antioksidan tersebut juga dapat meminimalisasi pigmentasi yang terjadi pada kulit.

Begitupun dengan kopi, mengandung beragam zat yang memiliki efek antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Berkat kandungan tersebut, kopi baik digunakan untuk membersihkan, mencerahkan, dan memutihkan kulit yang tampak kusam, serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara membuat lulur untuk memutihkan kulit pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ekkapuspitaa

Sedangkan susu, mengandung asam laktat yang diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama, siapkan beras secukupnya. Kemudian haluskan menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan kunyit bubuk dan 1 sendok makan kopi bubuk. Lalu, campur ketiga bahan tersebut sampai merata. Setelah merata, tambahkan susu cair secukupnya sampai berbentuk seperti pasta. Lebih lanjut, gunakan lulur dari bahan-bahan dapur ini untuk memutihkan kulitmu.

Cara membuat lulur untuk memutihkan kulit pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ekkapuspitaa

Cukup aplikasikan pada kulit secara merata sembari digosok-gosok secara perlahan. Lalu, diamkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang putih dan bebas kusam.

Cara membuat lulur untuk memutihkan kulit pakai 4 bahan dapur ini langsung viral, bahkan hingga saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 10,7 juta kali dan menuai lebih dari 2.400 komentar beragam.

"beneran langsung putih, Thanks kak," komentar pemilik akun @eera_gesya1.

"mbak saya ngikutin berhasil loh kaki saya jadi putih temen saya malah pada minta di buatin," kata akun @xz__billxh23.

"blender mertua gue rusak gara-gara bikin ini tapi memang bagus banget klw rutin," celetuk pemilik akun @92ikha.

@ekkapuspitaa #lulur Bobo - XVX

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES