Cuma pakai 3 bahan alami, ini cara membuat spray penumbuh rambut untuk lebatkan dan cegah rontok

Cuma pakai 3 bahan alami, ini cara membuat spray penumbuh rambut untuk lebatkan dan cegah rontok

Bunga mawar bisa diolah menjadi air mawar yang dapat bermanfaat untuk menutrisi rambutmu. Ternyata kandungan vitamin A, B3, C, dan E di dalam air mawar bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika digunakan secara rutin, air mawar dapat membantu melancarkan peredaran darah yang akhirnya meremajakan folikel rambut. Sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Sedangkan daun rosemary juga merupakan bahan alami yang kerap kali dimanfaatkan untuk melebatkan dan menumbuhkan rambut secara efektif. Dilansir Healthline, rosemary dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Daun dan minyak esensial dari tanaman dengan nama ilmiah Rosmarinus officinalis ini memiliki ratusan senyawa khas, seperti carnosic acid, rosmarinic acid, dan ursolic acid.

Senyawa khas rosemary yang bersifat antioksidan, seperti camphene, terpinene, myrcene, terpinolene diklaim mampu mengurangi radikal bebas penyebab kerontokan rambut. Selain itu, ekstrak daun ini bersifat antibakteri dan antijamur sehingga mengurangi infeksi pemicu rambut rontok.

Selain mencegah rambut rontok, manfaat daun rosemary untuk rambut disebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini berkat kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Tak terkecuali dengan gliserin yang juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan rambut. Mulai dari melembapkan rambut dan kulit kepala, mengurangi rasa gatal pada rambut, hingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. Jika kamu memiliki masalah ketombe atau rambut bercabang, gliserin juga merupakan salah satu kandungan yang mampu mengatasi kedua masalah rambut tersebut, lho.

Usai mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang digunakan, kini waktunya menyimak cara membuat spray penumbuh rambut berikut ini.

Cara membuat spray penumbuh rambut pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@daniawiththegoodhair

Bahan:

1. 3 tangkai bunga mawar.
2. Beberapa tangkai daun rosemary.
3. Gliserin secukupnya.
4. Air secukupnya.

Cara membuat spray penumbuh rambut pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto:TikTok/@daniawiththegoodhair

Cara membuat:

1. Cuci bunga mawar dan daun rosemary terlebih dahulu lalu keringkan.
2. Pisahkan tiap kelopak bunga mawar dari tangkainya dan letakkan pada panci.
3. Remas-remas kelopak bunga mawar lalu tambahkan daun rosemary.
4. Tuangkan air sampai bunga mawar dan daun rosemary terendam.
5. Masak sampai mendidih dan kelopak bunga mawar berubah warna jadi keputihan.
6. Matikan kompor lalu saring dan ambil airnya.
7. Tunggu sampai agak dingin dan tambahkan gliserin.
8. Aduk sampai merata lalu pindahkan kedalam botol spray.
9. Semprotkan pada rambut khususnya bagian akar rambut setiap selesai keramas.

@daniawiththegoodhair Reply to @annemariechronicles my DIY rose water spray for hair #rosewater #diyrosewater #haircare #healthyhair #hairgrowth #scalpcare La Vie En Rose - Emily Watts

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES