Auto lembut dan antikaku, ini cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis

Auto lembut dan antikaku, ini cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @chrissybriel pada (23/8/2022) lalu. Dalam unggahannya, ia membagikan cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari satu jenis bahan pemanis, yakni madu. Tak hanya itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan rosemary oil.

"3 ingredient hair mask for growth, repair + hydration (Masker rambut 3 bahan untuk pertumbuhan, perbaikan + hidrasi)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @chrissybriel, Rabu (7/6).

Cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu dipercaya mampu menyehatkan tubuh, merawat kulit, dan sering digunakan sebagai pemanis alami. Nah, cairan keemasan ini ternyata juga bisa digunakan untuk rambut. Seperti yang di ketahui, kandungan vitamin, mineral, protein serta antioksidan dalam madu diklaim dapat melembapkan rambut dan mencegah rambut patah juga bercabang. Bahkan membantu mengunci kelembapan alami rambut dan memulihkan keseimbangan pH kulit kepala.

Sedangkan aloe vera gel bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. Selain merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut yang diakibatkan paparan sinar matahari. Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Nah, khasiatnya ini dipercaya bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut.

Begitupun dengan rosemary oil, sudah sejak lama banyak dipilih untuk menjaga kesehatan rambut. Daun dan minyak esensial dari tanaman dengan nama ilmiah Rosmarinus officinalis memiliki ratusan senyawa khas, seperti carnosic acid, rosmarinic acid, dan ursolic acid.

Bila rambut tampak kering dan rusak, memakai minyak rosemary merupakan cara melembutkan rambut dan menambah hidrasi yang bisa kamu coba. Studi terbitan Journal of Food Measurement and Characterization (2018) menemukan bahwa minyak rosemary mengandung asam lemak bernama asam linoleat dan asam oleat.

Kedua jenis asam ini memberikan lapisan minyak pada batang rambut yang bisa mencegah penguapan kadar air pada batang rambut. Hanya dengan menggunakan ketiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker rambut untuk membantu menghidrasi rambut yang kering dan rusak. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

Cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: TikTok/@chrissybriel

1. Aloe vera gel secukupnya
2. 1-2 sendok makan madu
3. 1 sendok makan rosemary oil

Cara membuat:

Cara menghidrasi rambut rusak pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: TikTok/@chrissybriel

1. Campurkan semua bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan keseluruh rambut khususnya pada bagian akar dan kulit kepala
4. Pijat-pijat perlahan sampai masker meresap
5. Gulung rambut dan diamkan semalaman
6. Bilas menggunakan air sampai bersih saat pagi harinya
7. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner
8. Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@chrissybriel

if your hair needs life - this DIY mask is amazing excuse my piss poor attitude. its day 1 of the bleed.

You - Petit Biscuit

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES