Tanpa scrub kopi dan kunyit, ini trik hilangkan komedo hitam pada hidung pakai 1 jenis daun penyedap

23 / 10 / 2023 23:23 WIB

foto: freepik.com

Daun pandan merupakan salah satu jenis tanaman yang umum digunakan sebagai penambah aroma dan penyedap pada makanan maupun minuman. Selain dimanfaatkan sebagai daun penyedap, daun pandan ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk wajah lho. Salah satunya adalah mengatasi komedo hitam di hidung.

Hal ini berkat berbagai kandungan senyawa dalam daun pandan, seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Karena kandungannya, bahan alami ini bisa membantu membersihkan wajah dan bekerja untuk mengangkat kotoran serta minyak berlebih yang menyumbat pori-pori penyebab komedo.

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi komedo hitam pada hidung. Minyak zaitun akan membantu membuka sumbatan pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat. Ini berkat kandungan vitamin E dan sifatnya sebagai eksfoliator alami.

Begitupun dengan perasan lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan tersebut efektif untuk mengatasi masalah komedo hitam di hidung. Selain itu, asam sitrat dalam lemon berfungsi mengecilkan dan membersihkan pori-pori. Kamu bisa menggunakan lemon sebagai scrub ataupun masker wajah guna mengusir komedo hitam di hidung.

foto: TikTok/@bang.sall90

Ketiga bahan yang sudah disebutkan ini bisa kamu olah menjadi masker wajah yang efektif untuk menghilangkan komedo hitam di hidung. Bahkan, pori-pori wajah juga akan ikut mengecil dengan penggunaan yang rutin. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 lembar daun pandan
2. 1 sendok makan minyak zaitun
3. 1 sendok makan perasan lemon

foto: TikTok/@bang.sall90

Cara membuat:

1. Cuci daun pandan sampai bersih.
2. Tumbuk daun pandan hingga benar-benar halus.
3. Setelah halus, tambahkan minyak zaitun dan perasan lemon.
4. Aduk ketiga bahan sampai tercampur merata.
5. Saring dan peras, kemudian ambil airnya saja.
6. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih.
7. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh, khususnya pada bagian hidung.
8. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
9. Keringkan wajah dan gunakan moisturizer.
10. Lakukan metode ini secara rutin sehari sekali atau 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas komedo hitam.