Angkat sel kulit mati, ini 9 kegunaan yoghurt untuk perawatan kulit

30 / 05 / 2023 08:24 WIB

1. Melembapkan Kulit.

foto: freepik.com

Kegunaan yoghurt untuk perawatan kulit yang pertama adalah dapat membantu untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung asam laktat yang dapat melembapkan kulit wajah. 

Untuk mendapatkan kulit yang lembap ini, kamu bisa menggunakan yoghurt sebagai masker wajah yang nantinya akan melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar.

2. Eksfoliasi Kulit.

foto: freepik.com

Siapa sangka ternyata yoghurt juga bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit loh. Hal ini dikarenakan asam laktat yang ada dalam kandungan yoghurt. 

Asam laktat sendiri merupakan salah satu jenis asam alfa hidroksi (AHA) yang dapat mengoptimalkan proses eksfoliasi sehingga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat.

foto: freepik.com

Bekas jerawat tentu menjadi salah satu permasalahan yang akan mengganggu penampilan. Namun, tak perlu khawatir karena ternyata yoghurt juga bisa membantu untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Hal tersebut karena yoghurt mengandung vitamin B yang memiliki peran untuk mencerahkan kulit kusam dan menghilangkan noda bekas jerawat.

4. Mengurangi Peradangan.

foto: freepik.com

Selain dapat membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat, yoghurt juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Hal tersebut dikarenakan yoghurt memiliki kandungan baik dan probiotik, yang mana menurut penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Women's Dermatology, penggunaan bahan mengandung probiotik pada wajah bisa meredakan peradangan, meningkatkan antimikroba dan mengurangi jerawat.

5. Mencerahkan Kulit.

foto: freepik.com

Kulit yang cerah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Siapa sangka ternyata kamu juga bisa mendapatkan kulit yang cerah hanya dengan menggunakan yoghurt sebagai bahan perawatan kulitmu.

Kandungan asam laktat dan zinc yang ada pada yoghurt dipercaya dapat mencerahkan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan noda hitam yang ada pada wajah.