Tak perlu perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan memanfaatkan masker 1 jenis tepung

Tak perlu perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan memanfaatkan masker 1 jenis tepung

Cara mengatasi pigmentasi.

Tepung yang digunakan adalah tepung gram. Tak hanya pakai tepung gram saja, karena ia juga menggunakan bahan lain yaitu kunyit bubuk dan yoghurt.

"BEST DIY FACEMASK for Acne, Blemishes, Wrinkles (MASKER DIY TERBAIK untuk Jerawat, Noda, Keriput)," tulisnya dalam video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @sakhiartistry, Sabtu (24/2).

Cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung gram adalah produk tepung yang dihasilkan dari menggiling kacang-kacangan gram, yang juga dikenal sebagai kacang kuda atau chickpea. Tepung ini memiliki warna kuning kecokelatan dan memiliki rasa khas kacang. Tepung gram umumnya digunakan dalam berbagai masakan, terutama dalam hidangan India dan Timur Tengah.

Ternyata, tepung gram bermanfaat dalam menyingkirkan jerawat, menghilangkan bulu wajah, dan banyak lagi manfaat lainnya. Diketahui, tepung gram kaya akan asam linoleat dan oleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh bergizi penting. Ini juga merupakan sumber vitamin lain seperti riboflavin, niasin, folat, dan beta-karoten.

Berkat kandungan di dalamnya tersebut, tepung gram juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi wajah dan penuaan dini yang terjadi. Kandungan vitamin dan asam linoleat-nya mampu menutrisi kulit dan meningkatkan kolagen.

Sedangkan, kunyit bubuk, dipercaya bisa membantu mengoptimalkan kesehatan kulit wajah. Manfaat kunyit untuk kulit wajah berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kunyit diketahui memiliki kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor dan sebagainya. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa inilah yang memberikan khasiat bagi kulit wajah.

Secara ilmiah kunyit dikenal sebagai Curcuma longa. Rempah ini membantu mengelola beberapa masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan, pigmentasi, jerawat, dan lain sebagainya. Kandungan pada kunyit sangat ampuh mengurangi bercak hitam pada kulit. Ini merupakan khasiat yang bisa dirasakan oleh seseorang jika memakai kunyit secara teratur.

Begitupun dengan yoghurt yang memiliki kandungan yang dapat mengurangi pigmentasi kulit dan meningkatkan kelembutan kulit sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku dalam masker wajah. Hal ini karena yoghurt memiliki kandungan berupa asam laktat, alfa hydroxy acid, dan vitamin seperti vitamin B12, B6, D, K, protein dan kalsium yang sangat baik bagi kulit dan mampu melembapkan serta memberikan perubahan pada wajah sehingga terlihat lebih halus dan cerah.

Usai mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang digunakan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat masker wajah untuk mengatasi pigmentasi akibat penuaan berikut ini:

Cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@sakhiartistry

Bahan:

1. 1 sendok makan kunyit bubuk.

2. 1 sendok makan tepung gram.

3. 1 sendok makan yoghurt.

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.

2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata dan berbentuk seperti pasta.

3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh.

4. Diamkan selama 15-20 menit.

5. Bilas menggunakan air sampai bersih.

6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu.

7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan kencang.

Cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@sakhiartistry

Cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung ini viral. Bahkan hingga kini videonya sudah ditonton sebanyak 58 ribu kali dan mendapatkan beberapa komentar.

"nice," tulis pemilik akun @cookingwithks.

"Bisakah saya menambahkan madu juga?," tanya akun @aaa____1233.

"Ya, madu itu bagus!!," jawab pemilik akun.

@sakhiartistry Favourite Go-To Mask of all time! #facemask #turmeric #acne #wrinkles #blemishes #clearskin #beautyroutine #beautyhack #diy #fyp #foryou #foryoupage Savage - Megan Thee Stallion

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES