Tak perlu perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan memanfaatkan masker 1 jenis tepung

Tak perlu perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan memanfaatkan masker 1 jenis tepung

Brilio.net -Paparan sinar matahari yang berkepanjangan sering kali mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap dan kurang bersinar. Tentu saja, hal ini merupakan permasalahan yang signifikan bagi sejumlah wanita karena dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri mereka. Salah satu dampak umum dari paparan sinar matahari pada wajah adalah perubahan warna kulit, yang biasa disebut sebagai masalah pigmentasi.

Pigmentasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Pigmentasi kulit ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang mengakibatkan warna kulit jadi tidak merata. Produksi melanin tersebut dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, pencemaran lingkungan, gaya hidup, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya.

Namun, taukah kamu jika pigmentasi juga bisa muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang? Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit luar (epidermis) menipis dan jumlah sel yang mengandung pigmen berkurang (melanosit). Fungsi melanosit adalah melindungi kulit dari kerusakan, termasuk akibat paparan sinar UV matahari.

Ciri-ciri kulit yang menua adalah menjadi lebih tipis, lebih pucat, dan bagian di balik kulit terlihat jelas. Bintik-bintik pigmentasi, disebut bintik-bintik penuaan atau lentigos, juga rentan muncul di area kulit yang sering terpapar sinar UV matahari. Nah, jika kamu mengalami permasalahan ini, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi pigmentasi yang muncul di wajahmu.

Kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @sakhiartistry lalu. Melalui video unggahan tersebut, ia membagikan cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES