Tak perlu beli obat kumur, ini cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah

Tak perlu beli obat kumur, ini cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah karang gigi adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Hal tersebut dapat menghilangkan plak yang menempel. Selain itu, manfaat lainnya adalah menjaga agar gigi dan gusi tetap sehat, serta napas tidak berbau.

Kebanyakan orang juga akan memanfaatkan obat kumur untuk mengatasi hal tersebut. Padahal, kamu juga bisa membuat ramuan sendiri untuk menghilangkan karang gigi yang membandel. Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu.

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @raracantiknatural pada (11/4) lalu. Melalui video unggahan tersebut pemilik akun memberikan cara mengilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa.

"Tips Ampuh Rontokan Karang dan Plak2 gigi," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raracantiknatural, Jumat (9/6).

Cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kunyit jadi salah satu tanaman herbal untuk jamu tradisional yang ternyata juga bisa digunakan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Manfaat kunyit bisa kamu rasakan berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Senyawa ini punya sifat antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut.

Studi dalam Journal of Contemporary Dental Practice (2011) menemukan kunyit bisa menjadi obat kumur tradisional yang sama efektifnya dengan obat kumur chlorhexidine. Sifat antiplak dan antiinflamasi dari kurkumin dalam kunyit mampu mengontrol jumlah bakteri dan mencegah peradangan dalam rongga mulut. Penelitian tersebut juga menyimpulkan, obat kumur kunyit dapat digunakan dalam metode kontrol plak mekanik untuk pencegahan plak, karang gigi, dan radang gusi.

Sementara manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut rupanya sudah dikenal sejak zaman dahulu. Pemanfaatan ini dikenal dengan istilah oil pulling yang pertama kali ditemukan di India. Meski tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya perawatan pada masalah gigi, kandungan asam laurat yang mencapai 50% dalam minyak kelapa terbukti dapat mencegah beragam masalah pada gigi.

Asam laurat merupakan jenis asam lemak yang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya. Sifat antibakteri dalam minyak kelapa terbukti ampuh melawan pertumbuhan Streptococcus mutans dan Candida albicans, dua mikroba yang kerap menyebabkan karang gigi. Adanya kandungan monolaurin dalam minyak kelapa juga terbukti mampu menekan pertumbuhan bakteri mulut sehingga bau mulut dapat diatasi.

Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu bisa membuat ramuan untuk menghilangkan karang gigi membandel penyebab bau mulut. Berikut cara membuatnya.

Cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@raracantiknatural

Bahan:

1. 1/2 sendok teh bubuk kunyit.
2. 1 sendok makan minyak kelapa.

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Gunakan ramuan ini untuk menyikat gigi secara menyeluruh.
4. Fokuskan pada sela-sela gigi yang terdapat karang giginya.
5. Kumur menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan pasta gigi.
7. Kumur-kumur kembali sampai benar-benar bersih.
8. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

Cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@raracantiknatural

Cara mengilangkan karang gigi penyebab bau mulut pakai 1 jenis rempah ini lantas viral. Hingga artikel ditulis, videonya sudah dilihat sebanyak 27 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 240 likes.

@raracantiknatural Tips Ampuh Rontokan Karang dan Plak2 gigi #gigisehat #cantiknatural #gigiputih #kebersihangigi #tipscantik #tipssehat #myristorantecreation Canyons - Official Sound Studio

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES