Nggak cuma jadi bahan makanan, begini cara membuat masker beras untuk cerahkan wajah

Nggak cuma jadi bahan makanan, begini cara membuat masker beras untuk cerahkan wajah

Campuran beras dan susu ini nantinya berguna untuk mencerahkan wajah. Seperti diketahui, memiliki wajah cerah memang menjadi impian kebanyakan orang. Namun akibat berbagai faktor, wajah jadi rentan mengalami kusam dan gelap. Penyebab kulit kusam yang paling umum adalah karena adanya penumpukan sel kulit mati. Pada dasarnya, sel kulit mati akan mengelupas secara alami setiap 28 hari kemudian beregenerasi menjadi sel-sel baru.

Namun, terkadang sel kulit mati tidak dapat mengelupas secara alami dengan sendirinya. Sehingga, sel yang tersisa akan membuat kulit terasa kering dan tampak kusam. Penyebab kulit kusam selanjutnya bisa juga karena efek paparan sinar matahari. Ya, beraktivitas langsung di bawah matahari tanpa menggunakan tabir surya akan menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya kulit menjadi kusam. Hal ini karena sinar UV berisiko memecah protein penting dalam kulit sehingga dapat merusak lapisan kulit.

Cara buat masker beras untuk cerahkan wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@naynayaaw

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menyiapkan beras secukupnya. Utamakan menggunakan beras putih, ya. Setelah itu, cuci beras sampai bersih dan buang airnya. Jika dirasa beras sudah bersih, kamu bisa menambahkan air kembali pada beras lalu merendamnya selama 2 hari. Tutup beras yang direndam untuk menghindari kotoran yang masuk.

Cara buat masker beras untuk cerahkan wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@naynayaaw

Setelah 2 hari, buang air rendaman beras dan jemur beras sampai benar-benar kering. Kemudian haluskan beras sampai seperti bubuk.

Lebih lanjut, ambil beberapa sendok bubuk beras dan tambahkan susu. Aduk kedua bahan tersebut sampai merata dan berbentuk seperti pasta. Kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Cara membuat masker beras untuk cerahkan wajah ini langsung viral. Bahkan sampai saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 2,5 juta kali dan menuai lebih dari 850 komentar.

"aku jg pke masker beras persis bgt ak bikin sendiri jg, alhasil muka jd lembut dan cerah ," kata pemilik akun @viapiyya.

"Aq Sering bgt buat kek gtu.. Kulit jdi lebih cerah dan bersih.. Biasanya aq cmpur pkai air mawar," celetuk pemilik akun @snowflake.__8.

"nenek gw sering buatin gw ini, tapi kalo untuk ngehalusin nenek gw pake blender jadi halus bgt," ungkap akun @ayamhorengu12_.

@naynayaaw

masker beras homemade

Supalonely (feat. Gus Dapperton) - BENEE

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES