Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit pakai tiga bahan dapur, alami dan cepat

Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit pakai tiga bahan dapur, alami dan cepat

Dikutip dari jurnal berjudul Betel Leaf: The Neglected Green Gold of India yang dipublikasikan di Research Gate, daun sirih mengandung senyawa antibakteri, antiprotozoa dan antijamur. Aktivitas antibakteri ini terjadi karena daun sirih mengandung minyak esensial di mana terdapat senyawa fenolik yang bersifat bakterisida. Oleh karena itu, daun sirih bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulitmu.

Sedangkan, khasiat dan manfaat bawang putih tercipta karena ia memiliki beberapa zat bermanfaat seperti allicin, senyawa penting yang dikenal memiliki efek antibakteri, antivirus, antijamur dan antioksidan. Kandungan di dalamnya disinyalir mampu membantu membasmi infeksi jamur pada kulit penyebab gatal-gatal.

Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@kangbayu_reksa

Sementara minyak kelapa, mengandung antijamur dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Jamur kulit menyebabkan gatal luar biasa yang membuat kita tidak nyaman. Zat asam laurat dan lipid antimikroba yang terdapat pada asam lemak alami minyak kelapa berfungsi menghambat pertumbuhan jamur. Ketika pertumbuhan jamur bisa diminimalisir, maka jamur akan lebih cepat sembuh dan rasa gatal karena infeksi jamur berkurang.

"Cara ampuh atasi kulit gatal biasa hingga menahun secara alami," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kangbayu_reksa, Selasa (31/1).

Caranya mudah, pertama, siapkan 3 lembar daun sirih dan satu siung bawang putih. Setelah itu, haluskan kedua bahan sampai tercampur merata. Lalu, masukkan daun sirih dan bawang putih halus ke dalam gelas. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa.

Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@kangbayu_reksa

Lebih lanjut, siapkan panci dan didihkan air. Setelah mendidih, panaskan ketiga bahan yang sudah dicampur tersebut kedalam panci selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, tunggu sampai hangat lalu oleskan pada kulit yang terkena gatal. Diamkan beberapa saat setidaknya 15-20 menit. Gunakan secara rutin setidaknya 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit pakai 3 bahandapurini sontak viral, bahkan sampai saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 262,3 ribu kali dan menuai lebih dari 150 komentar.

"siap aq mencobanya ah," komentar pemilik akun @dinabunga11.

"trmh kasih bang smg bisa sembuh saya dari exsim," kata akun @frankyadeputra.

"makasih sngat membantu," ucap pemilik akun @muhammadjaelani928.

@kangbayu_reksa Membalas @musonnur OBAT GATAL#infosehatalami #klinikhsuhendar #kibayureksa suara asli - Ki Bayu Reksa - KI BAYU HERBAL H.SUHENDAR

(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES