7 Cara mengobati wajah gatal karena alergi kosmetik, pakai bahan alami

7 Cara mengobati wajah gatal karena alergi kosmetik, pakai bahan alami

Brilio.net - Makeup bagi wanita menjadi salah satu produk penunjang penampilan sehari-hari agar terlihat cantik dan menarik. Dengan begitu seakan-akan wanita tidak bisa dipisahkan dengan produk-produk kecantikan. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang beredar dipasaran sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Tetapi kamu harus berhati-hati pada saat membeli produk kecantikan yang beredar di pasaran. Tidak semua produk kosmetik cocok dengan kulit kamu.

Penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok pada kulit bisa menyebabkan terjadinya permasalahan kulit. Seseorang yang merasa tidak cocok dengan produk kosmetik biasanya mengalami bercak merah yang timbul di wajah.Bercak merah ini menyebabkan wajah terasa gatal, iritasi kulit di area sekitar wajah. Munculnya bercak merah, rasa gatal, dan iritasi biasa disebut dengan dermatitis. Bagian wajah yang biasanya sering terkena dermatitis yakni bagian leher dan sekitar telinga.

Dilansir brilio.net dari Verywellhelath, Selasa (1/3) dermatitis dibagi menjadi dua jenis. Pertama dermatitis kontak iritan yang merupakan reaksi pada suatu bahan yang menyebabkan iritasi kulit. Dermatitis kontak iritan ini tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan dermatitis kontak alergi merupakan alergi yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh karena penggunaan bahan kosmetik yang tidak cocok. Pada saat terjadi iritasi tubuh akan memberikan perlindungan dengan cara melepaskan protein.

Rasa gatal yang muncul pada wajah karena alergi kosmetik bisa disembuhkan hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber mengenai cara mengobati wajah gatal karena alergi kosmetik, Selasa (1/3).

1. Cuka sari apel.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengobati wajah gatal karena alergi kosmetik dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan anti radiasi. Kedua zat tersebut memberikan kemampuan cuka sari apel mengurangi rasa gatal berlebih akibat alergi kosmetik. Kegunaan dari cuka sari apel tidak hanya itu saja, bahan alami ini dapat membantu melembabkan kulit dan menenangkan kulit karena iritasi. Cara menggunakan cuka sari apel untuk pengobatan, cukup dengan mengoleskan secukupnya ke bagian yang mengalami alergi.

2. Kantung teh.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Pixabay/pasimammela

Kantung teh ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi wajah gatal karena alergi kosmetik jadi setelah ngeteh jangan langsung membuang kantung teh. Kamu bisa menggunakan kantung teh untuk mengobati wajah gatal dengan cara menempelkan langsung kantung teh pada area yang terasa gatal. Pada saat menempelkannya jangan lupa untuk mengusap dan memijat dengan lembut. Jika sudah diamkan sebentar kurang lebih 10 hingga 15 menit. Agar cepat sembuh lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur.

3. Soda kue.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Pexels/Kaboompics

Soda kue memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini yang bisa membantu untuk mengurangi dan menenangkan kulit karena alergi. Caranya yaitu dengan mencampurkan 4 sdm soda kue dengan 12 sdm air atau minyak kelapa. Aduk merata hingga teksturnya berubah menjadi seperti pasta. Lalu oleskan secara merata ke bagian wajah yang gatal. Biarkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

4. Oatmeal.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Pixabay/sunxiajo

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi sehingga bisa membantu untuk meredakan wajah gatal karena alergi kosmetik. Kamu bisa menggunakan oatmeal dengan cara menempelkannya. Oatmeal yang akan digunakan dihaluskan terlebih dahulu dengan menggunakan blender. Jika sudah halus, campurkan oatmeal dengan 1 sdt air hingga memiliki tekstur seperti pasta. Kemudian oleskan ke bagian wajah yang mengalami gatal. Lalu tutup dengan kain kasa atau kapas yang telah dibasahi dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

5. Air mawar.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Freepik/jcomp

Air mawar memang terkenal dengan manfaatnya yang bisa membuat wajah jadi glowing dan membantu meredakan permasalahan wajah. Salah satu permasalahan wajah yang bisa di atas yaitu wajah gatal yang disebabkan oleh alergi kosmetik. Cara penggunaannya cukup dengan merendam air mawar. Kemudian usapkan dan pijat secara halus ke bagian wajah.

6. Mentimun.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Pixabay/kryzstof

Selain air mawar bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati wajah gatal yaitu mentimun. Mentimun dipercaya bisa mengatasi peradangan ataupun alergi yang disebabkan penggunaan kosmetik. Sebelum menggunakan haluskan terlebih dahulu mentimun bersama dengan kulitnya. Lalu diamkan hingga beberapa saat dan simpan di dalam kulkas. Langkah terakhir oleskan ke wajah, hal ini dilakukan untuk meredakan alergi.

7. Mengonsumsi air putih.

Cara mengobati wajah gatal karena alergi Berbagai sumber

foto: Pixabay/kawitachitprathak

Cara mengobati wajah gatal karena alergi bisa dengan rutin minum air putih. Dengan rutin mengonsumsi air putih maka kulit akan semakin lembap. Air putih berguna untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu air putih bisa mencegah alergi dan membantu untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Selain mengonsumsi air putih, dari sisi makanan juga harus diperhatikan. Selama masa pemulihan terdapat makanan yang harus kamu hindari. Beberapa makanan yang harus kamu hindari adalah makanan berlemak dan makanan pedas.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES