Cara membuat scrub untuk haluskan kulit ini cuma butuh 5 bahan dapur, bantu hempas komedo

Cara membuat scrub untuk haluskan kulit ini cuma butuh 5 bahan dapur, bantu hempas komedo

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @tiffytart pada (19/7/2020) lalu. Dalam videonya ia membagikan cara membuat scrub untuk haluskan kulit cuma butuh 5 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah brown sugar, kopi bubuk, baking soda, madu, dan minyak kelapa.

"DIY exfoliating scrub for acne/oily skin (Lulur eksfoliasi DIY untuk kulit berjerawat/berminyak)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @tiffytart, Senin (8/5).

Cara membuat scrub untuk haluskan kulit cuma butuh 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Gula merah jenis brown sugar (menyerupai pasir) yang bertekstur seperti scrub dapat digunakan untuk proses eksfoliasi, lho. Perawatan ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terbebas dari kulit kusam maupun kasar. Proses eksfoliasi dengan brown sugar dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit kamu bisa lebih halus.

Sedangkan kopi bubuk memiliki butiran halus yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Oleh karena itu kopi sering dimanfaatkan untuk membuat scrub eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah dengan kopi dipercaya memberikan manfaat berkat kandungan antioksidan di dalam kopi. Hal ini selaras dengan kutipan dari American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Eksfoliasi wajah dengan kopi juga dapat membuat kulit lebih halus.

Sementara baking soda memiliki sifat alkalinisasi yang masuk ke dalam kategori garam. Fungsi utamanya yaitu membantu untuk menetralkan zat asam. Maka dari itu bisa digunakan untuk perawatan kecantikan seperti eksfoliasi wajah. Baking soda memiliki tekstur yang tidak begitu halus dan sedikit berpasir. Maka dari itu baking soda bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai eksfoliator yang berguna untuk mengelupas kulit mati sehingga pori-pori wajah tidak tersumbat.

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan alami eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat. Hal ini berkat kandungan antimikroba, antibakteri, antioksidan, vitamin B, vitamin C, serta sifat penyembuhan luka dalam madu.

Tak terkecuali dengan minyak kelapa yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan eksfoliasi di wajahmu. Pasalnya minyak kelapa memiliki kemampuan sebagai eksfoliator alami, sehingga kamu membuat wajah terasa lebih kenyal, lembap, halus, dan bebas masalah. Sifat antimikroba, antibakteri, dan antijamur didalamnya juga mampu menghindarkan wajah dari radikal bebas yang berdampak buruk pada kulit.

Usai mengetahui manfaat dari bahan-bahannya, waktunya kamu menyimak cara membuat scrub untuk membantu menghaluskan kulit berikut ini.

Cara membuat scrub untuk haluskan kulit cuma butuh 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@tiffytart

Bahan:

1. 2 Sendok makan brown sugar.
2. 1 Sendok makan kopi bubuk.
3. 1/2 Sendok makan baking soda.
4. 1 Sendok makan madu.
5. 1 Sendok makan minyak kelapa.

Cara membuat:

1. Campur bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk sampai tercampur merata.
3. Tambahkan 2 sendok makan air lalu aduk sampai merata dan berbentuk seperti pasta.
4. Aplikasikan pada wajah, leher, dan bagian tubuh yang lain sambil digosok secara lembut.
5. Diamkan 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Gunakan secara rutin 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara membuat scrub untuk haluskan kulit cuma butuh 5 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@tiffytart

Video unggahan yang berisi cara membuat scrub untuk haluskan kulit yang cuma butuh 5 bahan dapur ini mengundang respon dari warganet. Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton sebanyak 4.537 kali dan mendapatkan lebih dari 120 likes.

@tiffytart #fyp #diy #face Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] - Elliot Van Coup

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES