9 Tips makeup kulit berjerawat, gunakan color corrector warna hijau

9 Tips makeup kulit berjerawat, gunakan color corrector warna hijau

Brilio.net - Jerawat memang selalu menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi kebanyakan orang. Jerawat disebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Penyumbatan ini dapat terjadi akibat produksi sebum berlebih oleh kelenjar minyak, penumpukan kulit mati, atau penumpukan bakteri. Hal ini biasanya terjadi akibat seringnya beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit memproduksi minyak berlebih.

Tak hanya itu, paparan radikal bebas seperti debu, kotoran dan bakteri yang menempel juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah. Bahkan bekasnya yang sulit hilang juga akan menimbulkan noda hitam yang membandel. Jerawat dan noda hitam di wajah akan sangat mengganggu penampilan hingga menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Dilansir dari Healthline, penyumbatan penyebab jerawat adalah minyak dan sel kulit mati. Biasanya jerawat muncul saat usia remaja. Walaupun, jerawat juga bisa muncul dalam berbagai usia. Minyak yang diproduksi folikel terlalu banyak juga penyebab munculnya jerawat.

Memiliki wajah berjerawat, membuat para wanita merasa insecure dan susah untuk menggunakan makeup yang sesuai dengan kondisi kulit. Karena ada beberapa produk makeup yang tidak disarankan untuk digunakan kulit berjerawat.

Seseorang yang memiliki kulit berjerawat, cenderung akan memiliki kulit yang berminyak dan berkomedo. Minyak berlebih pada wajah ini yang membuat makeup menjadi mudah luntur dan tidak bisa menempel.

Tapi tak perlu khawatir, karena briliobeauty.net telah merangkum sembilan tips makeup untuk kulit berjerawat dari berbagai sumber, seperti berikut, Selasa (25/10).

1. Bersihkan wajah dan siapkan alat makeup yang steril.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa wajah yang berjerawat sangat rentan mengalami iritasi, kamu yang sedang mengalami hal ini tentu harus ekstra hati-hati. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan makeup sebaiknya bersihkan dulu area wajah agar jerawat tidak semakin meradang.

Kamu bisa gunakan pembersih wajah atau micellar water agar kulit terasa ringan dan lebih lembap. Pastikan wajah bersih maksimal sebelum mengaplikasikan produk makeup ke wajah. Selain itu, kamu juga harus perhatikan semua alat makeup-mu bersih dari kotoran, karena jika tidak maka jerawat di wajah bisa jadi semakin banyak.

2. Gunakan pelembap khusus.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu ingin mendapatkan hasil makeup yang mulus ketika sedang berjerawat, maka jangan lupa untuk gunakan pelembap. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu, karena pilihan ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Menggunakan pelembap sebelum memakai makeup bisa menjadikan kulit lebih terjaga dan lembap seharian. Dengan begitu, makeup pun lebih bisa menempel kuat di kulir dan hasilnya terlihat lebih halus serta tahan lama.

3. Ratakan tekstur wajah dengan primer.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Untuk kulit berjerawat biasanya permukaan kulit akan terasa kurang rata. Nah, untuk itu kamu bisa siasati dengan mengaplikasikan primer silikon terlebih dahulu. Primer digunakan sebagai alas makeup agar tampilanmu lebih maksimal.

Dalam memilih primer, kamu tidak bisa asal pilih, harus dibutuhkan kehati-hatian ekstra karena produk langsung bersentuhan dengan kulit. Pastikan jika menggunakan primer, pilih yang tidak mengandung fragrance, anti bakteri, serta berformula ringan supaya terhindar dari iritasi.

Apabila kulitmu berjerawat, kamu bisa menggunakan primer yang bersifat mattifying untuk membantu menghaluskan pori-pori sekaligus mempersiapkan wajah sebelum di-makeup. Mengapa mattifying primer? Karena, wajah sudah berkilau alami akibat minyak, jadi penggunaan mattifying primer akan membantu kulit wajah supaya tidak semakin berminyak.

4. Gunakan color corrector warna hijau.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum menggunakan foundation, pilih color corrector berwarna hijau yang dipercaya dapat menetralkan warna jerawat yang kemerahan. Jangan lupa untuk memilih color corrector yang bertekstur ringan agar tidak menyumbat pori-pori wajahmu. Namun, penggunaannya harus hati-hati karena jika berlebihan kulit bisa berubah menjadi keabuan.

5. Pilih foundation yang ringan agar pori-pori tidak tertutup.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Ketika sedang berjerawat, kamu bisa mencoba untuk pilih alas bedak yang terasa ringan di kulit. Kamu bisa coba gunakan serum foundation. Serum foundation adalah produk yang diformulasikan dengan bahan dasar air atau water-based, maka tidak heran jika formulasinya sangat ringan.

Tekstur dari serum ini sangatlah cair, sehingga mudah menyatu dengan kulit. Bahkan, bisa dikatakan menjadi lapisan kulit kedua karena produk ini mampu memberikan coverage tapi tidak terasa tebal seperti menggunakan foundation biasa. Selain itu, serum foundation ini juga tidak akan menutupi pori-pori wajah kamu, sehingga kulit tetap bisa bernafas sehat.

6. Aplikasikan concealer dengan tepat.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Concealer adalah produk yang sangat baik untuk menyembunyikan jerawat. Kamu dapat menyembunyikan sebagian besar jerawat pada wajah dengan mengoleskan concealer secukupnya ke area wajah yang berjerawat kemudian ratakan dengan menggunakan makeup tools seperti brush atau sponge bersih.

Terakhir, set concealer dengan sedikit bedak tabur supaya tidak luntur atau bergeser. Pastikan untuk tidak menggunakan jari ketika meratakan concealer supaya jerawat tidak semakin parah.

7. Gunakan bedak tabur.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Bedak tabur bisa menjadi salah satu yang wajib kamu gunakan untuk untuk mengunci foundation. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang berjerawat dan berminyak bedak yang paling disarankan untuk menggunakan bedak tabur.

Kamu bisa menggunakan teknik baking yang bertujuan untuk mengunci foundation di wajah. Gunakan spons atau beauty blender kemudian ambil bedak dan tap ke wajah.

Tekan-tekan sedikit agar meresap ke pori-pori. Kemudian diamkan sekitar 5 hingga 10 menit. Selain karena teksturnya yang ringan, bedak tabur juga tidak membuat pori-porimu tersumbat. Pilihlah bedak tabur tanpa kandungan fragrance agar kulitmu tidak iritasi.

8. Hindari blush on dan highlighter yang mengandung butiran glitter.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Penting kamu ketahui, penggunaan blush on dan highlighter yang mengandung glitter akan membuat wajah menjadi lebih merona, sehingga jerawat akan semakin memperjelas jerawatmu. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan untuk tidak terlalu berlebihan. Cukup ditepuk-tepuk ringan dengan kuas.

9. Semprotkan setting spray agar makeup tahan lama.

Tips makeup kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Berbeda dengan primer yang digunakan saat awal makeup, setting spray berfungsi sebagai top coat makeup. Setting spray biasanya akan digunakan pada rangkaian akhir makeup, dimana ini berfungsi membuat makeup tahan lebih lama.

Teknologi mutakhir yang ada dalam setting spray dapat membantumu mengontrol produksi minyak berlebih selama menggunakan makeup tersebut. Jadi meskipun wajahmu berjerawat dan berminyak, kamu tak perlu khawatir makeup-mu akan luntur meski beraktivitas seharian.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES