9 Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak, wajah bebas kilau

9 Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak, wajah bebas kilau

Brilio.net - Bermakeup adalah sebuah rutinitas bagi para kaum hawa. Aktivitas hampir dilakukan setiap hari dengan tujuan untuk mempercantik diri. Namun, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Salah satu jenis kulit yang umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah kulit berminyak.

Kulit berminyak disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor genetik. Selain faktor genetik, iklim tropis Indonesia juga berperan besar dalam produksi minyak berlebih pada wajah. Produksi minyak yang berlebih ini dapat menyebabkan makeup cepat luntur, wajah cepat kusam, pori-pori cenderung besar, rentan diserang jerawat dan komedo.

Dikutip dari Healthline, jerawat akan mudah muncul pada wajah berminyak karena sebum yang bercampur dengan sel kulit mati tersangkut pada pori-pori. Bagi kaum hawa, wajah berminyak akan menyulitkannya dalam hal merias wajah. Riasan jadi lebih mudah luntur.

Biasanya kondisi seperti ini kerap kali dialami oleh mereka yang kulit wajahnya berminyak. Tak jarang mereka selalu membawa tisu, bedak dan kosmetik lainnya buat touch up demi nggak terlihat mengilap. Padahal, mengaplikasikan makeup terlalu sering justru dapat membuat riasan menjadi cakey.

Nah, mengaplikasikan makeup pada kulit berminyak agar nggak gampang luntur memang tricky. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena briliobeauty.net telah merangkum sembilan tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak agar bebas kilap seharian berikut ini, Sabtu (22/10).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum makeup.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Sebagai pemilik kulit berminyak, wajib hukumnya membersihkan wajah dengan maksimal sebelum makeup. Mulailah dengan mengaplikasikan pembersih wajah yang punya kandungan khusus untuk wajah berminyak, lalu sempurnakan dengan menggunakan facial foam. Langkah ini akan melunturkan kotoran dan minyak di wajah agar riasan wajahmu bisa maksimal nantinya. Jangan lupa mengelap wajah yang sudah bersih dengan handuk bertekstur halus secara perlahan.

2. Kompres dengan es batu.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Setelah membersihkan dan mencuci wajah, kompres es batu secara merata di seluruh wajahmu. Lakukan pengompresan maksimal lima menit dengan perlahan. Selain menyegarkan, sensasi dingin pada es batu ini akan mengecilkan pori-pori wajah dan membantu mengontrol minyak pada wajah. Caranya juga mudah. Setelah membersihkan wajah, gunakan es batu yang dilapisi handuk untuk mengompres wajahmu.

3. Gunakan toner.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Tips makeup untuk kulit berminyak selanjutnya adalah memakai toner. Produk skincare ini biasa dipakai paling awal sebelum memakai produk makeup lainnya. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih. Kamu bisa memilih toner yang mengandung salicylic acid atau witch hazel untuk kulit berminyak.

4. Aplikasikan pelembap.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Kulit berminyak juga butuh pelembap lho. Belum lagi kalau kamu ingin merias wajah lengkap dengan foundie. Pelembap penting sebagai dasaran, juga membuat makeup menempel sempurna di wajah. Gunakan pelembap yang ringan dan berbahan dasar air atau berlabel oil free. Kamu juga bisa lho menggunakan aloe vera gel sebagai pelembap wajah. Cukup mengaplikasikan pelembap tipis-tipis namun merata hingga bagian bawah dagu dan leher bagian atas.

5. Pakai primer.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Primer merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan sebagai bagian dari urutan makeup untuk kulit berminyak. Primer berfungsi membuat makeup tahan lama. Pilihlah primer yang berlabel bebas minyak dan tidak membuat wajah mengilap. Sebelum melapisi wajah dengan produk makeup yang lain, aplikasikan primer terlebih dahulu pada wajah. Kamu bisa memfokuskan pada area T-zone yang biasanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan bagian lain.

6. Pilih foundation bebas minyak.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Setelah menggunakan primer secara merata ke seluruh permukaan kulit, tips makeup untuk kulit berminyak adalah menggunakan foundation bebas minyak. Gunakan foundation untuk menampilkan tekstur kulit yang tampak lebih lembut dan cerah. Kamu juga bisa memilih foundation sesuai tone kulit. Sementara untuk jenisnya tetap cari yang water-based agar tidak memicu minyak berlebih pada wajah.

Jenis kulit wajah berminyak biasanya menggunakan foundation matte dan produk makeup matte lainnya. Umumnya, produk makeup dengan hasil matte memiliki kandungan bahan-bahan yang menyerap minyak dan memiliki pantulan cahaya yang rendah. Keduanya dapat membantu pemilik kulit berminyak tetap tampil flawless tanpa gangguan kilap dan minyak yang berlebih.

7. Set dengan bedak tabur.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Bedak juga memiliki peran penting dalam mengatur kadar minyak di wajah. Pilihlah bedak tabur yang cocok untuk kulit wajah berminyak. Jangan lupa juga selalu sediakan translucent powder atau bedak transparan untuk touch up. Setelah mengaplikasikan foundation, tunggu selama 5 hingga 10 menit sampai alas bedak meresap dengan sempurna pada permukaan kulit.

Lalu aplikasikan bedak tabur pada wajah terutama di T-zone (dahi dan hidung). Jangan menggunakan bedak berlebihan, karena rentan membuat pori-pori memproduksi minyak lebih banyak lagi. Kamu yang memiliki oily skin harus memakai bedak tabur karena butirannya bisa menempel dengan baik dan menyerap minyak berlebih. Untuk hasil yang lebih rata, kamu bisa menggunakan kuas khusus bedak yang berukuran besar.

8. Akhiri dengan setting spray.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah di akhir tahap riasan berfungsi untuk bikin makeup lebih menempel dan tahan lama di kulit. Semprotkan tanpa mengusapnya dan biarkan kering dengan sendirinya. Pastikan kamu menggunakan setting spray yang berjenis mattifying agar tampilan wajahnya lebih matte dan nggak mengilap. Sebelum menggunakan setting spray, pastikan riasan sudah selesai sepenuhnya. Kemudian semprotkan setting spray sebanyak kurang lebih 3-5 tekanan. Jangan menyemprot terlalu dekat ya bila tidak ingin makeup-mu berantakan.

9. Siapkan kertas minyak atau tisu untuk mengatasi minyak di wajah.

Tips makeup antiluntur untuk kulit berminyak freepik.com

foto: freepik.com

Wajib hukumnya bagimu untuk selalu menyediakan kertas minyak atau tisu untuk meredam minyak yang keluar dari wajah. Terapkan kertas minyak atau tisu di daerah wajah yang mulai mengilap, cukup ditekan saja jangan digosok karena bisa merusak makeup. Jika perlu, lakukan tahapan ini sebanyak dua kali agar minyak berlebih bisa dihilangkan dengan optimal. Setelah minyak terserap, barulah kamu bisa touch up jika diperlukan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES