Hanya pakai 2 bahan dapur, begini cara menghilangkan kerak ketombe agar kepala bebas gatal

Hanya pakai 2 bahan dapur, begini cara menghilangkan kerak ketombe agar kepala bebas gatal

Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Salah satu manfaat lemon untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan bahwa asam sitrat dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit kepala secara alami. Dengan demikian, kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe.

Tak terkecuali dengan yoghurt yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Selain mampu melembapkan kulit kepala secara optimal. Bahan ini akan menutrisi kulit kepala sehingga menghindarkanmu dari rambut berketombe.

Yoghurt juga mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat antibakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

Dari kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai hair mask untuk mengatasi kerak ketombe penyebab gatal pada kepala. Berikut cara membuatnya.

Cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ankitamehtashah

Bahan:

1. 1/2 buah perasan lemon.
2. 3 sendok makan yoghurt.

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan pada wadah lalu aduk sampai merata.
2. Aplikasikan pada rambut khususnya pada bagian akar rambut dan kulit kepala.
3. Gosok dan pijat secara perlahan.
4. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih, lalu lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner.
6. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Atau agar lebih praktis kamu juga dapat membeli produk hair mask yang banyak dijual di pasaran. Merek dan harga untuk hair mask yang cocok untuk atasi kerak ketombe pun sangat beragam. Nah, cek rekomendasi di bawah ini untuk mendapatkan produk hair mask yang cocok untuk atasi masalah rambut gatal dan berketombe.

Cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@ankitamehtashah

"Terima kasih ini bekerja sangat baik," tulis pemilik akun @lolliessie.

"Aku mencobanya dan ini bekerja sangat baik," celetuk akun @umaissussy.

"Aku mencobanya, dan rambutku juga jadi sangat halus," ungkap akun @princykandel1.

@ankitamehtashah Replying to @Alicia This 2 ingredient DIY Hair Mask works amazingly well to get rid of dandruff and keep it at bay. Just mix the juice of half a lemon and 3-4 teaspoons of yogurt and apply to your scalp as a prewash treatment. Leave it on for about 20 minutes and wash & style like you normally would. I kid you not my dandruff literally disappears!! AND.. the yogurt makes my hair so soft! #dandrufftreatment #diyhairmask #dandruffhaircare #hairmask #homemadehairmask #hairmaskhack #beautyhack #dandruff #diymask #haircare #athomehair #howtohair #beautyreels #hairrrels #torontobloggers #torontoinfluencer original sound - Ankita

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES