Hanya pakai 2 bahan dapur, begini cara menghilangkan kerak ketombe agar kepala bebas gatal

Hanya pakai 2 bahan dapur, begini cara menghilangkan kerak ketombe agar kepala bebas gatal

Brilio.net - Ketombe memang salah satu permasalahan kulit kepala yang menyebalkan. Selain gatal, kebanyakan orang yang mengalami ketombe merasa tidak percaya diri sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya, ada berbagai hal yang dapat menyebabkan ketombe muncul, seperti kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis.

Selain itu, penampakan bintik-bintik putih pada rambut tentu kurang enak dilihat. Dari berbagai penyebab ketombe di atas, masalah kulit kepala, seperti terlalu berminyak atau terlalu kering sehingga kemungkinan jamur Malassezia berkembang biak bisa semakin besar.

Jenis jamur malassezia ini menghambat pelepasan sel kulit mati sehingga menghasilkan kumpulan bintik putih yang tampak lebih jelas. Kamu juga bisa mengalaminya di bagian tubuh lain seperti belakang telinga, alis, atau lipatan wajah. Apalagi ketombe yang kamu alami adalah ketombe berkerak yang memang sedikit lebih sulit untuk menghilangkannya. Tak jarang pula dibarengi dengan rambut rontok cukup parah.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, tentunya selain menggunakan sampo antiketombe ya. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ankitamehtashah pada (18/9/2022) lalu.

Cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Melalui video unggahan yang berdurasi 43 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah lemon dan yoghurt.

"Homemade hair mask for dandruff (Masker rambut buatan sendiri untuk ketombe)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ankitamehtashah, Sabtu (1/4).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES