7 Urutan skincare basic untuk kulit berminyak, jangan lupakan moisturizer

14 / 02 / 2023 23:35 WIB

Brilio.net - Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, oleh karena itu terdapat beberapa jenis kulit. Seperti kulit kering, berminyak dan berjerawat. Kondisi kulit yang berbeda ini tentunya memerlukan perawatan yang berbeda juga.

Seperti jenis kulit berminyak, ini merupakan kondisi dimana kulit memproduksi sebum atau minyak berlebih pada wajah. Sebum sendiri memiliki fungsi untuk melapisi lapisan kulit dan juga rambut.

Selain itu sebum juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Namun apabila wajah memiliki sebum yang berlebih makan akan memberikan efek kulit yang tampak mengkilap dan berminyak.

Sebum berlebih pada kulit wajah juga dapat menimbulkan berbagai masalah lain. Apabila sebum menumpuk dapat meningkatkan resiko jerawat pada kulit. Karena kulit wajah yang berminyak memudahkan kotoran untuk menempel diwajah. Sehingga kotoran yang sudah menempel pada kulit dapat menyumbat pori wajah dan menimbulkan jerawat.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kulit menjadi berminyak, seperti faktor genetik ataupun melakukan kesalahan saat merawat kulit. Perubahan hormon pada tubuh juga mempengaruhi jumlah produksi sebum pada kulit. Hormon sendiri berpengaruh besar karena memiliki fungsi untuk mengelola minyak dalam kulit. Sehingga apabila hormon tidak seimbang maka dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Perawatan yang tidak tepat untuk kulit berminyak dapat mempengaruhi kondisi kulit. Seperti mengaplikasikan produk untuk kulit kering pada kulit berminyak. Maka kulit akan semakin terlihat berminyak karena kelembapan yang diberikan tiap produk telah disesuaikan oleh jenis kulit masing-masing. Maka gunakanlah produk sesuai kebutuhan kulit kalian.

Penyebab kulit berminyak semakin parah apabila terlalu sering melakukan cuci muka. Untuk kulit berminyak cukup melakukan cuci muka sebanyak 2 kali sehari. Apabila terlalu sering mencuci wajah maka kulit akan menjadi kering, dan akan merangsang produksi minyak lebih banyak. Selain itu diperlukan eksfoliasi wajah seminggu sekali untuk membantu membersihkan wajah dari sel kulit mati.

Penyebab lain kulit berminyak adalah penggunaan AC berlebih atau terlalu dingin. Kondisi ruangan yang sangat dingin akan membuat kulit wajah menjadi kering, sehingga minyak akan diproduksi lebih banyak untuk menjaga kelembapan kulit. Oleh karena itu jangan biarkan kulit wajah dehidrasi atau kekeringan.

Namun tidak perlu khawatir briliobeuaty.net telah merangkum 7 urutan skincare basic untuk kulit berminyak sehingga tetap bersih dan terawat, berikut tipsnya, Selasa (14/02).