Wajah mulus dan cerah, ini cara membuat masker untuk cegah munculnya jerawat pakai 2 bahan dapur

Wajah mulus dan cerah, ini cara membuat masker untuk cegah munculnya jerawat pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Berbicara mengenai permasalahan jerawat memang tidak akan ada habisnya. Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi lebih sering di area wajah. Hal ini karena kulit wajah memiliki banyak kelenjar minyak yang bisa membuat pori-pori tersumbat saat produksi sebum berlebihan.

Penyumbatan pori-pori yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri inilah yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Jerawat juga sering dipicu oleh peradangan pada jaringan kulit atau perubahan hormon. Perubahan hormon androgen merangsang kelenjar yang bernama sebaceous untuk menghasilkan minyak lebih banyak. Ini sebabnya beberapa orang berisiko mengalami jerawat, terutama remaja.

Munculnya jerawat membuat penampilan wajah jadi tidak percaya diri. Apalagi terkadang jerawat bisa datang lagi meskipun sudah melakukan perawatan kecantikan yang mahal sekalipun. Kamu tidak hanya perlu fokus untuk menghilangkan jerawat saja, tetapi perlu melakukan antisipasi agar dapat mencegah jerawat datang. Inilah yang menjadi kunci penting agar bisa mengucapkan selamat tinggal pada jerawat tanpa takut ia akan kembali lagi.

Jerawat sebenarnya bisa dicegah melalui kebiasaan-kebiasaan baik yang berfokus pada kesehatan serta kebersihan kulit. Hal ini tentunya bermanfaat untuk memutus siklus jerawat sehingga tampilan kulitmu bisa terpancar lebih sehat.

Sebenarnya cara untuk mencegah jerawat tidak melulu harus menggunakan produk yang mahal atau perawatan klinis, lho. Rupanya kamu bisa melakukan tindak pencegahan jerawat dimulai dari cara yang sederhana.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @nadina_ioana pada 22 November 2020 lalu. Dalam unggahannya, ia memberikan cara membuat masker wajah untuk cegah munculnya jerawat pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah gula pasir dan madu.

Cara membuat masker untuk cegah munculnya jerawat pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya dikonsumsi untuk menambah rasa manis pada makanan atau minuman, gula juga bisa digunakan untuk kulit dan kecantikan. Salah satu penggunaan gula untuk perawatan tubuh dan wajah adalah sebagai scrub untuk eksfoliasi. Salah satu manfaat utama dari gula adalah untuk menjaga keseimbangan minyak.

Gula mengandung dua komponen penting, yaitu asam glikolat dan asam alfa hidroksi. Kedua senyawa ini akan membantu menjaga keseimbangan minyak di kulit sehingga dapat mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Gula pasir juga mengandung sifat antibakteri yang mampu mencegah jerawat. Kamu bisa menggunakan scrub atau masker gula untuk membersihkan kulit agar terhindar dari jerawat.

Sementara itu, madu merupakan salah satu obat alami jerawat yang sudah digunakan sejak lama. Klaim ini ternyata telah dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di Central Asian Journal of Global Health. Para ahli melaporkan bahwa madu dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri di kulit. Hal tersebut mungkin dikarenakan oleh sifat antibakteri dan antiseptik hidrogen peroksida di dalam madu.

Madu ini juga diperkuat oleh kandungan dua senyawa antimikroba, yaitu hidrogen peroksida dan metilglioksal. Keduanya memang dikenal efektif membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik jerawat. Oleh sebab itu, madu digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sekaligus mencegah munculnya jerawat secara alami.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES