Trik pudarkan bekas jerawat membandel pakai cleanser dari 2 bahan makanan, bikin wajah bebas noda

Trik pudarkan bekas jerawat membandel pakai cleanser dari 2 bahan makanan, bikin wajah bebas noda

Brilio.net - Tak hanya jerawat saja yang membuat kita kesal dan jengkel, namun bekas jerawat yang membandel dan sulit dihilangkan menjadi permasalahan bagi banyak orang. Kondisi ini terjadi karena proses peradangan pada kulit. Dalam kondisi tersebut sistem kekebalan tubuh merespons dengan melepaskan sel-sel peradangan yang dapat merusak jaringan kulit, termasuk melanosit yang bertanggung jawab terhadap produksi melanin. Akibatnya terjadi gangguan dalam distribusi melanin sehingga hiperpigmentasi pun terjadi.

Tidak hanya itu, bekas jerawat bisa terjadi karena kebiasaan memencet dan menggaruk area peradangan. Dampaknya yakni kerusakan jaringan kulit dan peradangan yang semakin parah. Hal ini berisiko menimbulkan flek hitam di wajah.

Jangan khawatir, bekas jerawat tersebut masih bisa kamu pudarkan dengan menggunakan berbagai metode kecantikan. Salah satunya rutin membersihkan wajah menggunakan face cleanser. Nah, sabun pembersih wajah khusus jerawat ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan makan.

Bahan makanan yang kali ini digunakan adalah beras putih dan lemon. Bahan seperti beras putih ini berfungsi sebagai eksfoliator sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Tidak hanya itu, adanya sifat astringen dalam beras bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih sehingga dapat mengatasi jerawat. Lalu, kandungan vitamin B kompleks dapat mencerahkan dan menyegarkan wajah.

Sementara itu, kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan. Sifat asam sitrat dan antimikroba dapat mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan.

Lantas bagaimana cara membuat sabun pembersih wajah dari kedua bahan tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna TikTok @beautyhack7777, seperti dirangkum briliobeauty.net, Minggu (28/5).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES