Trik menghilangkan kutil ini hanya butuh 2 bahan dapur, bikin kulit jadi mulus kembali

Trik menghilangkan kutil ini hanya butuh 2 bahan dapur, bikin kulit jadi mulus kembali

Brilio.net - Ada banyak sekali permasalah kulit yang kerap kali mengganggu penampilan, salah satunya adalah kutil. Kutil dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan kulit ini paling sering timbul tangan dan kaki, meski pada kondisi tertentu dapat terjadi kutil kelamin. Kutil adalah benjolan berupa jaringan kulit yang kasar saat disentuh.

Seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari Mayo Clinic, Minggu (5/3), penyebab kutil biasanya berasal dari human papillomavirus (HPV). HPV biang kutil bisa menular lewat kontak kulit dengan penderita yang terinfeksi virus, atau karena berbagi handuk. Virus dapat menyebar lewat jaringan kulit yang rusak, misalkan area dekat kuku dan luka lecet. Kendati mudah menular, tidak semua kontak dengan virus HPV langsung membuat seseorang terkena kutil. Orang dengan sistem daya tahan tubuh prima biasanya tidak mudah tertular kutil.

Kutil umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Lamanya waktu untuk sembuh bisa dalam hitungan minggu sampai tahun. Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, banyak orang yang berniat menghilangkannya karena penyakit ini mengganggu penampilan. Sayangnya, beberapa perawatan menghilangkan kutil cukup mahal.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES