Trik mengatasi skin barrier rusak pakai sleep mask dari 3 bahan alami, bikin lembap dan kenyal

Trik mengatasi skin barrier rusak pakai sleep mask dari 3 bahan alami, bikin lembap dan kenyal

Brilio.net - Skin barrier merupakan lapisan kulit yang berguna untuk melindungi lapisan di bawahnya. Umumnya, skin barrier bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai masalah seperti infeksi, bahan kimia berbahaya, racun, hingga alergen. Lalu, manfaat lainnya adalah untuk menjaga hidrasi, alias menjaga kadar air di dalam kulit.

Meski demikian, skin barrier rentan mengalami kerusakan. Sebagian orang mungkin merasa malas untuk merawat kulit secara rutin. Padahal, ini penting untuk menjaga skin barrier kamu. Ketika tekstur kulit wajah mulai berubah hingga rusak, sudah saatnya kamu mengetahui cara memperbaiki skin barrier. Kerusakan pada skin barrier dapat terjadi dengan mudah. Efeknya adalah kulit menjadi dehidrasi dan timbul iritasi.

Walaupun merawat kulit wajah dengan produk skincare adalah hal yang penting, kamu juga wajib memerhatikan kandungan di dalamnya. Apabila kandungannya terlalu keras, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi penyebab kerusakan skin barrier makin parah. Nah, salah satu cara untuk mengatasi skin barrier yang sudah terlanjur rusak, kamu bisa menggunakan sleep mask.

Sleep mask menjadi salah satu pilihan produk perawatan kulit yang baik untuk mendukung kesehatan kulit wajah di malam hari. Produk ini terdiri dari dua bentuk, yaitu gel dan krim. Manfaat sleep mask diyakini dapat melembapkan kulit, membuat kulit lebih cerah, dan membuat kulit terasa kenyal saat pagi hari.

Di pasaran sudah banyak sekali produk sleep mask yang beredar, namun terkadang kandungannya yang berbahan kimia tidak selalu cocok dengan setiap jenis kulit. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif yang justru dapat memperparah keadaan wajah. Sebagai solusinya lebih baik kamu membuat sleep mask sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @aribasfoodmood pada (13/6/2022) lalu. Dalam video unggahan berdurasi 10 detik tersebut pemilik akun membagikan trik mengatasi skin barrier rusak pakai sleep mask dari 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah saffron, air mawar, dan aloe vera gel.

"Damage skin repair serum, sleep mask (Serum untuk memperbaiki kerusakan kulit, masker tidur)," tulisnya dalam video unggahan, yangbriliobeauty.netkutip dari akun TikTok @aribasfoodmood, Rabu (22/3).

Salah satu manfaat saffron untuk wajah muncul berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Crocetin, kaempferol, crocin, dan safranal adalah beberapa jenis antioksidan dalam saffron yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan. Jika terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh maka dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga meningkatkan risiko kerusakan sel, termasuk pada sel-sel kulit wajah.

Trik mengatasi skin barrier rusak pakai sleep mask dari 3 bahan alami Berbagai sumber

foto:freepik.com

Penggunaan masker wajah yang terbuat dari saffron secara rutin dipercaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat stres oksidatif, stres, hingga penuaan. Selain itu, kandungan antioksidan pada saffron juga mampu mengurangi iritasi kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol yang juga bermanfaat sebagai zat antiradang. Zat antiradang tersebut dapat membantu mengurangi iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES