Trik pudarkan flek hitam dan kulit kusam pakai kunyit dicampur 3 bahan ini bikin wajah cerah maksimal

Trik pudarkan flek hitam dan kulit kusam pakai kunyit dicampur 3 bahan ini bikin wajah cerah maksimal

Brilio.net - Saat usia sudah tidak lagi muda, tanda-tanda penuaan seperti flek hitam dan kulit kusam mulai menjadi masalah dialami orang-orang yang menginjak usia di atas 35 tahun. Munculnya flek hitam dan kulit kusam ini tentunya membuat sejumlah orang risau. Pasalnya kedua tanda penuaan tersebut membuat penampilan kamu terganggu.Dua masalah ini membuat wajah terlihat tidak halus dan kurang menarik sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Terbentuknya flek hitam di wajah terkait dengan hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit di mana produksi melanin (pigmen pewarna) lebih tinggi di area dengan bintik hitam dibandingkan dengan area kulit lainnya.

Hiperpigmentasi ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, tanda penuaan, paparan sinar UV, peradangan kulit, bekas luka, iritasi, atau efek samping produk tertentu. Selain flek hitam, wajah kusam juga disebabkan karena beragam faktor. Mulai dari kondisi stres, sering begadang hingga larut malam, sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, hingga lingkungan kotor dengan berbagai macam polusi.

Kondisi tersebut bisa semakin diperparah jika seseorang malas membersihkan wajah. Akibatnya, segala kotoran maupun polusi yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian, bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya jerawat. Untuk mengatasinya, biasanya kebanyakan orang akan melakukan perawatan di klinik kecantikan dan menggunakan produk-produk skincare yang dijual di pasaran.

Padahal tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan di klinik kecantikan dan membeli produk-produk skincare, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih murah, bahan alami ini juga efektif untuk memudarkan flek hitam dan kulit kusam jika digunakan secara rutin.

Cara memudarkan flek hitam dan kulit kusam.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @dorahermin. Melalui video tersebut, pemilik akun membagikan trik memudarkan flek hitam dan kulit kusam pakai empat bahan alami. Bahan-bahan yang digunakan adalah kunyit bubuk, tepung beras, madu, dan jeruk nipis.

"masker flek hitam," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dorahermin, Selasa (27/2).

Trik memudarkan flek hitam dan kulit kusam pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kunyit, sebagai salah satu rempah dapur, memiliki sejumlah manfaat yang beragam untuk kesehatan kulit. Ini disebabkan oleh adanya vitamin, antioksidan, dan kurkumin di dalamnya. Penggunaan masker kunyit secara teratur dapat memberikan efek pencerahan pada kulit wajah, berkat kandungan antioksidan kunyit yang dapat melawan radikal bebas, salah satu penyebab kulit yang tampak kusam. Selain itu, kurkumin yang terdapat dalam kunyit juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kehadiran flek hitam dan bekas jerawat.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES