Bukan pakai garam, cara atasi mata ikan dan kapalan ini hanya butuh 2 bahan dapur

Bukan pakai garam, cara atasi mata ikan dan kapalan ini hanya butuh 2 bahan dapur

Brilio.net - Mata ikan dan kapalan ini merupakan permasalahan kulit kaki yang sering dialami oleh semua orang. Permasalahan yang satu ini membuat siapapun merasa tidak nyaman. Pasalnya, selain bisa mengganggu penampilan, mata kaki dan kapalan ini memberikan rasa nyeri.

Mata ikan atau yang memiliki nama lain verruca plantaris ini biasanya memiliki bentuk bulat atau oval dan terdapat bintik hitam pada bagian tengah. Munculnya permasalahan kulit yang satu ini disebabkan oleh virus papiloma.

Sementara itu, permasalahan kulit lainnya, seperti kapalan ini adalah kondisi area kulit tertentu yang menebal dan mengeras. Penyebabnya adalah adanya tekanan ataupun gesekkan yang terjadi pada kaki, seperti penggunaan sepatu yang dengan ukuran yang tidak pas.

Jangan khawatir, kedua permasalahan kulit pada kaki ini bisa diatasi dengan berbagai cara yaitu menggunakan bahan dapur. Selain menggunakan garam, kamu bisa lho jeruk nipis dan baking soda.

Namun, sebelum menggunakan kedua bahan dapur tersebut, perlu kamu perhatikan. Jeruk nipis ini mengandung asam sitrat yang cukup tinggi. Maka dari itu, ketika menggunakan jeruk nipis ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Namun di balik itu, adanya kandungan asam sitrat ini dapat membantu proses pengelupasan kulit mati. Oleh karena itu, bisa mengurangi penebalan yang terjadi pada area kapalan. Adanya kandungan vitamin C membantu untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan kulit.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES