Tak perlu tambahan madu, ini trik membuat scrub wajah untuk kulit sensitif pakai 2 jenis bahan makanan

Tak perlu tambahan madu, ini trik membuat scrub wajah untuk kulit sensitif pakai 2 jenis bahan makanan

Brilio.net - Kulit sensitif adalah jenis kulit yang memiliki ciri seperti memerah, gatal saat terkena keringat atau air, kering dan bersisik, reaktif terhadap produk kosmetik, rentan timbul jerawat, hingga gatal-gatal. Kulit sensitif adalah tipe kulit yang rentan mengeluarkan reaksi berlebih saat terpapar oleh zat tertentu.

Zat-zat yang sering kali menjadi pemicu iritasi pada tipe kulit sensitif adalah paparan sinar matahari, suhu udara yang ekstrem, polusi, serta produk kosmetik. Kondisi kulit ini dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada seseorang yang sedang dalam masa pubertas karena perubahan hormon.

Maka dari itu, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apakah kulit kamu sifatnya sensitif atau malah sebaliknya. Hal ini juga sangat penting dilakukan karena akan berhubungan dengan bagaimana nantinya kamu harus merawat kulit kamu. Pasalnya, merawat kulit sensitif tidak boleh sembarangan. Karena justru akan memperburuk kondisi wajahmu.

Sebagai solusinya, kamu perlu memanfaatkan bahan-bahan alami yang aman dan tak mengiritasi kulit. Nah, kamu bisa membuat scrub wajah yang aman dan pastinya dengan bahan-bahan yang lembut. Tak perlu tambahan madu, karena kamu cukup memakai beberapa bahan alami yang dapat menenangkan wajahmu sekaligus membersihkan wajah secara optimal.

Seperti unggahan dari akun TikTok @bodycare2650 pada 26 Desember 2021. Unggahan tersebut berisi tentang trik membuat scrub wajah untuk kulit sensitif pakai 2 jenis bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah oatmeal dan brown sugar. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan face cleanser favoritmu.

"Facial Scrub Suitable for sensitive skin (Scrub Wajah Cocok untuk kulit sensitif)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bodycare2650, Senin (28/8).

Scrub wajah untuk kulit sensitif pakai 2 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Meski sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk produk skincare karena mengandung efek antioksidan dan antiradang. Bahan makanan yang satu ini juga mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat meredakan gejala peradangan pada kulit.

Kandungan ini sangat efektif untuk mengatasi gangguan iritasi yang terjadi pada kulit, termasuk kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari. Selain itu, sifat menenangkan yang terdapat pada oatmeal juga sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki alergi dan jenis kulit sensitif.

Begitupun dengan brown sugar yang selama ini biasanya digunakan sebagai bahan pemanis pada minuman atau masakan. Namun ternyata, brown sugar juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan lho. Banyak yang memanfaatkan brown sugar sebagai scrub. Brown sugar kerap dijadikan scrub untuk membantu proses pengelupasan kulit, sehingga membuat kulit glowing.

Proses pengelupasan kulit menggunakan brown sugar bisa membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Brown sugar sebagai scrub bisa menutrisi kulit juga karena mengandung AHA di dalamnya. Manfaat brown sugar bisa menutrisi sehingga dapat membuat kulit jadi glowing. Hal ini bisa memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Teksturnya yang nggak terlalu kasar juga aman untuk pemilik kulit sensitif.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES