Tak perlu pakai krim, ini trik hilangkan kapalan di kaki gunakan 1 jenis buah

Tak perlu pakai krim, ini trik hilangkan kapalan di kaki gunakan 1 jenis buah

Brilio.net - Kapalan merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan kulit keras dan kasar. Biasanya kapalan ini seringkali muncul karena tekanan atau adanya gesekan berulang pada kulit. Kondisi ini yang membuat lapisan kulit terluar mengeras dan tumbuh menjadi tebal.

Kulit kapalan ini biasanya terjadi pada kaki, termasuk tumit, jari, dan telapak kaki. Penyebab utamanya adalah pemakaian sepatu yang tidak sesuai. Penggunaan alas kaki yang terlalu ketat dan longgar bisa menimbulkan tekanan. Selain itu, pekerjaan atau aktivitas yang memerlukan berdiri dan berjalan dalam jangka waktu terlalu lama, meningkatkan risiko kapalan.

Sementara itu, timbulnya kapalan ini tidak menyebabkan rasa nyeri, terkecuali jika kondisi kapalan ini parah atau terinfeksi. Disamping itu, kapalan ini bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan. Dalam video yang dibagikan oleh Sara Dewi, ia tak menggunakan krim penghilang kapalan. Sebagai gantinya, ia melakukan perawatan kaki dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Salah satu yang digunakan adalah buah lemon. Buah ini mengandung asam sitrat yang bisa membantu melunakkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C dalam lemon bisa mencerahkan, mengatasi perubahan warna, dan melawan pertumbuhan bakteri.

Sementara itu, adanya baking soda dan garam dapur ini bisa menjadi eksfoliator alami yang mengangkat sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, garam juga bisa merilekskan otot sehingga mengurangi peradangan dan rasa sakit karena kapalan. Di sisi lain, sifat antiseptik yang dimiliki baking soda membantu membunuh bakteri dan jamur pada kulit kapalan.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES