Bukan pakai kopi, ini cara cerahkan mata kaki hitam dan kapalan dengan 1 produk pembersih gigi

Bukan pakai kopi, ini cara cerahkan mata kaki hitam dan kapalan dengan 1 produk pembersih gigi

Brilio.net - Selain siku, mata kaki juga rentan menghitam dan kulitnya menebal atau yang disebut dengan kapalan. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kering, dan tekanan berlebih pada kulit. Tidak hanya berubah menjadi hitam atau gelap, beberapa kondisi tertentu kulit pada mata kaki akan tampak pecah-pecah dibarengi dengan mengelupasnya kulit berwarna putih.

Walaupun begitu, kondisi perubahan kulit menjadi hitam atau gelap yang terjadi pada mata kaki tidak bersifat permanen. Artinya kulit masih dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan dan penggunaan salep khusus untuk menyamarkan warna kulit pada bagian yang hitam.

Kulit di sekitar mata kaki lebih tipis dari bagian tubuh lainnya, hal ini membuatnya menjadi mudah kering, menjadi tebal, dan menggelap. Saat bagian tubuh tertentu menjadi lebih gelap dari bagian lainnya, dalam dunia medis hal itu disebut hiperpigmentasi. Apabila mata kaki hitam terjadi karena kebiasaan atau faktor lingkungan, ada banyak cara menghilangkannya.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @raracantiknatural pada 3 Januari 2023. Bukan pakai kopi, karena pemilik akun mencerahkan mata kaki hitam dan kapalandengan 1 produk pembersih gigi. Pembersih gigi yang dimaksud adalah pasta gigi. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain, yaitu jeruk nipis.

"Cara Mudah Mengatasi Mata Kaki Yang Hitam," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raracantiknatural, Kamis (14/9).

Cerahkan mata kaki hitam dan kapalan dengan 1 produk pembersih gigi Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pasta gigi menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan utama dari pasta gigi sendiri adalah untuk membersihkan gigi. Namun, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kecantikan yang terjadi pada kulit, rambut, hingga bibir.

Salah satunya adalah mencerahkan mata kaki yang hitam dan kapalan. Pasta gigi bisa kamu jadikan sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab mata kaki hitam dan kapalan. Bahkan, bahan ini juga dapat membantu menghaluskan kulit dengan pemakaian secara rutin.

Sebagaimana dengan jeruk nipis yang bukan hanya kaya vitamin C, tapi juga punya khasiat mencerahkan kulit. Artinya, jeruk nipis berpotensi menyembuhkan area yang tampak gelap termasuk mata kaki. Tak hanya itu, buah asam ini juga mengandung zat antiseptik dan astringent. Bahkan kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis juga mampu mengatasi kapalan karena sifat asamnya mampu melembutkan kulit yang kasar dan kering.

(brl/pep)

tags

STORIES