Sering ada di komposisi skincare, ini 7 kelebihan pakai jojoba oil untuk kecantikan

Sering ada di komposisi skincare, ini 7 kelebihan pakai jojoba oil untuk kecantikan

1. Mengatasi jerawat.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Jojoba oil merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengatasi kulit berjerawat. Hal ini terjadi karena minyak jojoba memiliki efek antiradang, antioksidan, serta antibakteri yang membantu membasmi bakteri pada kulit wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Tak hanya, minyak jojoba juga dapat mencegah sekaligus memudarkan noda bekas jerawat serta mengurangi minyak berlebih pada wajah.

2. Melembapkan kulit.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Jojoba oil merupakan jenis minyak esensial yang bersifat humektan. Humektan adalah bahan aktif yang bekerja meningkatkan kapasitas air pada lapisan terluar kulit dengan cara menarik kandungan air di udara atau lapisan kulit paling dalam. Hal inilah yang membuat jojoba oil dapat menjaga kelembapan pada kulit.

Selain itu, minyak jojoba juga memiliki kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang mampu membantu melembapkan kulit wajah, sehingga tidak terjadi dehidrasi. Minyak jojoba juga memiliki kandungan lemak alami yang dapat meresap ke dalam kulit dengan mudah, sehingga mampu menjaga lapisan luar kulit agar tetap terhidrasi. Dengan demikian, kulit akan menjadi lembap dan lembut.

3. Mencegah penuaan dini.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Minyak jojoba juga dipercaya mampu menambah pembentukan kolagen secara alami. Dengan menambahnya produksi kolagen akan dapat menghambat proses penuaan dini pada kulit. Minyak jojoba juga memiliki kandungan pelembap dan antiradang yang dapat mengurangi dan memudarkan keriput, kerutan serta tanda penuaan lainnya pada wajah.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan di dalam minyak jojoba juga dapat meningkatkan elastisitas pada kulit, sehingga mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, serta dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Mengobati luka.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Jojoba oil juga dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini terjadi karena jojoba oil memiliki kandungan zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang dapat mendorong agar luka menjadi cepat kering.

Tak hanya itu, minyak jojoba juga dapat mengatasi kulit yang terluka atau iritasi akibat paparan sinar matahari dengan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Menggunakan jojoba oil untuk luka secara rutin juga dapat menghilangkan noda bekas luka pada kulit.

5. Mengontrol produksi minyak.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Tak diketahui banyak orang, ternyata jojoba oil juga dapat mengontrol produksi minyak pada kulit. Hal ini terjadi karena minyak jojoba memiliki kandungan yang hampir sama dengan minyak pada kulit yang diproduksi secara alami.

Minyak jojoba yang dioleskan pada kulit akan memberikan efek ketenangan dan kelembapan pada kulit yang akan membuat kulit tidak membutuhkan produksi sebum tambahan untuk hidrasi. Dengan berkurangnya produksi sebum pada kulit, permasalahan seperti jerawat, pori-pori tersumbat, kulit kusam dan sebagainya bisa teratasi.

6. Sebagai antiiflamasi.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Kondisi kulit meradang merupakan salah satu permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Peradangan pada kulit dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit, mulai dari dari memicu timbulnya jerawat hingga dapat memecahkan kolagen. Untuk menghindari masalah tersebut, menggunakan jojoba oil bisa menjadi salah satu solusinya.

Minyak jojoba memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan menenangkan kondisi kulit meradang, seperti kondisi kulit yang kemerahan, panas, gatal dan bengkak. Sifat antiinflamasi yang ada pada jojoba oil berasal dari tingginya kandungan antioksidan. Antioksidan yang tinggi dapat membantu menyembuhkan kulit yang mengalami peradangan dengan cara menetralkan radikal bebas.

7. Mencegah rambut rontok.

7 Kelebihan pakai jojoba oil  freepik.com

foto: freepik.com

Kelebihan memakai jojoba oil yang selanjutnya adalah dapat mencegah rambut rontok. Jojoba oil dapat membantu meringankan rambut rontok karena kandungan antioksidan di dalamnya. Jojoba oil dapat mengisi kelembapan pada ramabut yang sangat berperan penting bagi rambut rontok.

Dengan terisinya kelembapan pada rambut, rambut rontok pun akan berkurang. Selain itu, jojoba oil juga bisa mengatur kadar sebum pada folikel rambut, sehingga minyak yang dihasilkan tidak berlebihan. Kondisi rambut yang kekurangan minyak memang tidak baik, tetapi minyak yang berlebihan juga menjadi salah satu alasan rambut terlihat kusam dan mudah rontok.

(mgg/Jessica Tosya)

(brl/mal)

tags

STORIES