Nggak perlu kopi, ini cara bikin pori-pori mengecil agar kulit tampak mulus cuma pakai 1 kulit buah

Nggak perlu kopi, ini cara bikin pori-pori mengecil agar kulit tampak mulus cuma pakai 1 kulit buah

Salah satunya seperti memanfaatkan kulit pisang, sebagaimana dicontohkan oleh @theglobalistagirl di Instagram yang dilansir briliobeauty.net padaRabu(21/2). Manfaat kulit pisang dalam mengatasi pori-pori besar dan menghaluskan tekstur kulit sejatinya terletak pada efek eksfoliasi alaminya.

pori-pori mengecil agar kulit tampak mulus  Instagram

foto: freepik.com

Kandungan enzim dalam kulit pisang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel baru. Hal ini membuat kulit pisang tidak hanya efektif dalam membantu membersihkan pori-pori, namun juga meratakan tekstur dan warna kulit agar tampak lebih cerah.

Selain itu, kulit pisang juga mengandung banyak senyawa berkhasiat meliputi vitamin C, vitaminE, antioksidan, dan potassium yang dapat merangsang produksi kolagen, melindungi kulit, sekaligus membantu menjaga kelembapan alaminya.

Nah, cara penggunaan bahan di atas bagi kulit sendiri bisa kamu lihat pada petunjuk di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah pisang
2. Pisau bersih

Cara membuat:

pori-pori mengecil agar kulit tampak mulus  Instagram

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Ambillah 1 buah pisang dan pisahkan kulitnya.
2. Potonglah kulit pisang tersebut menjadi 2 bagian.
3. Iris-irislah bagian dalam kulit pisang tersebut menggunakan pisau.
4. Aplikasikan kulit pisang tadi ke wajah dengan cara mengusapkannya selama beberapa saat ke wajah, terutama pada bagian bermasalah.
5. Diamkan selama 15 menit.
6. Bila dirasa cukup, bilaslah dengan air hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

Manfaat kulit pisang untuk dapatkan wajah kenyal minim kerutan akibat penuaan.

Selain mengatasi pori-pori besar, kulit pisang juga diketahui dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan di kulit dengan baik. Dalam salah satu penelitian yang dipublikasi oleh US National Library of Medicine pada 2011, kulit pisang diketahui mengandung senyawa bioaktif kaya sifat antioksidan seperti lutein. Kandungan ini menjadi komponen yang efektif membantu mengurangi dampak negatif paparan radikal bebas dan sinar matahari yang merusak skin barrier kulit.

Tak hanya itu, kulit pisang juga memiliki banyak enzim yang dapat membantu merangsang regenerasi sel-sel baru, sehingga dalam prosesnya dapat menghaluskan dan meratakan tekstur kulit. Kulit pisang juga mengandung banyak senyawa vitamin yang dapat merangsang produksi kolagen, melindungi kulit, sekaligus membantu menjaga kelembapan sehingga bisa memberi kesan muda pada wajah.

Kulit pisang efektif hempas mata panda akibat keseringan begadang.

Kulit dari buah superfood ini ternyata juga bagus untuk mengurangi kesan mata panda. Dilansir dari laman Hunger Magazine, kulit pisang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C dan E yang kaya antioksidan, sehingga dapat membantu mencerahkan dan memperbaiki kerusakan kulit di area bawah mata. Plus, kombinasi komponen pottasium dan peptida di dalamnya bisa mengurangi garis-garis halus pada mata panda dengan meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit.

(brl/lea)

tags

STORIES