8 Manfaat kulit pisang untuk wajah, bisa cegah kerutan

8 Manfaat kulit pisang untuk wajah, bisa cegah kerutan

Brilio.net - Pisang salah satu tanaman yang memiliki manfaat luar biasa. Pisang memiliki nutrisi yang bagus terutama untuk kecantikan. Ada banyak manfaat kulit pisang untuk wajah. Pisang mengandung potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium.

Pisang juga memiliki banyak khasiat misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas. Tak hanya buahnya, batang, daun, dan pohonnya juga bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Saat mengonsumsi buah pisang, kebanyakan dari mereka membuang kulitnya. Padalah kulit pisang mengandung banyak zat aktif. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit, kesehatan rambut, pemutih gigi, dan juga bisa digunakan sebagai pupuk alami.

Dilansir dari Healthline, menurut penelitian tahun 2018, kulit pisang kaya akan fenolat, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, menurut penelitian tahun 2011 kulit pisang memiliki sejumlah senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Kemudian studi tahun 2012 menemukan ekstrak kulit pisang memiliki sifat antiinflamasi yang bagus untuk kulit.

Cara mengaplikasikan kulit pisang di wajah dengan beberapa cara, bisa dioleskan langsung ke wajah, bisa juga dibuat menjadi pasta dan dicampurkan dengan bahan alami seperti madu, yogurt, dan jeruk nipis. Semua bahan tersebut memiliki manfaat untuk wajah.

Lantas apa yah manfaat kulit pisang untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/2).

1. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang pertama adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kulit pisang mengandung bahan aktif yang dapat membersihkan wajah lewat pori-pori terdalam.

Cara menggunakannya, haluskan kulit pisang kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

2. Mengurangi kerutan di wajah

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Munculnya kerutan di wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga faktor usia yang menyebabkan penurinan elastisitas pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakan masker kulit pisang untuk mengurangi kerutan di wajah.

Caranya siapkan satu kulit pisang kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

3. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Manfaat kulit pisang untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Jerawat salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, jerawat disebabkan oleh hormon, kulit berminyak, dan tersumbatnya kelenjar minyak dalam di pori-pori.

Kamu bisa mengatasi masalah jerawat dengan masker kulit pisang. Caranya aplikasikan kulit pisang ke wajah secara merata, kemudian diamkan selama lima menit, dan bilas dengan air biasa.

4. Menghilangkan mata panda

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Munculnya mata panda tentu sangat mengganggu penampilan. Sebab mata bagian bagian wajah yang paling dilihat. Untuk itu kamu harus menjaga kesehatan area mata dengan kulit pisang.

Siapkan pisang dan daging buahnya, kemudian campurkan kedua bahan dan haluskan. Lalunolesiannke area mata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Menghaluskan kulit

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Kulit kering, kusam, dan tidak beruntusan biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga polusi di wajah. Meskipun tidak menyakitkan, kamu yang memiliki masalah kulit tersebut tentu sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Untuk memiliki kulit yang halus kamu bisa mengatasinya dengan kulit pisang. Kandungan antioksidan pada kulit pisang dapat meningkatkan kolagen dan bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit.

6. Membuat wajah glowing

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Memiliki wajah glowing pastinya impian setiap orang. Untuk itu, kamu perlu melakukan berbagai perawatan untuk membuat wajah lebih sehat. Salah satunya dengan menggunakan kulit pisang.

Caranya sangat mudah, siapkan satu kulit pisang, kemudian gosokan pada wajah sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Kamu bisa melakukan perawatan ini setiap malam untuk hasil yang maksimal.

7. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Seperti yang kamu tahu, paparan sinar matahari sangat mengganggu penampilan. Tak jarang masalah kulit pun muncul seperti kulit kusam, flek hitam, iritasi, dan masalah lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan kulit pisang.

Kandungan antioksidan pada kulit pisang dapat menenangkan kulit. Ada juga kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Caranya aplikasikan kulit pisang ke wajah dan leher secara merata, kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

8. Mengencangkan kulit

Manfaat kulit pisang untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Memiliki kulit yang kencang merupakan impian setiap orang khususnya wanita. Tak heran bila mereka melakukan perawatan kecantikan dengan biaya besar demi memiliki kulit kencang.

Selain menggunakan skincare, kamu juga bisa menggunakan kulit pisang untuk perawatan. Caranya, oleskan masker kulit pisang yang sudah dicampur satu sendok madu. Kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES