Nggak perlu acne spot care, ini trik atasi jerawat membandel hanya pakai 3 bumbu dapur

Nggak perlu acne spot care, ini trik atasi jerawat membandel hanya pakai 3 bumbu dapur

Brilio.net - Jerawat merupakan permasalahan yang paling sering dialami banyak orang. Munculnya jerawat pada permukaan kulit wajah ini terkadang membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Jerawat bisa terjadi karena adanya produksi minyak berlebih, penumpukan sel-sel kulit mati, dan pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes di dalam folikel rambut yang tersumbat.

Selain itu, terdapat faktor pemicu yang membuat jerawat tumbuh semakin parah. Setidaknya adanya lima faktor yaitu hormon, makanan cepat saji dan tinggi gula, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, serta penggunaan kosmetik yang tidak cocok.

Jangan khawatir, permasalahan kulit wajah yang satu ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah tiga bumbu dapur yaitu yogurt, kunyit, dan chickpea. Semua ketiga bahan tersebut memiliki manfaatnya masing-masing.

Yogurt mengandung bakteri baik atau probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, yogurt juga mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

Lalu, ada acang arab atau chickpea kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kacang Arab juga mengandung saponin, senyawa yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan.

Lantas bagaimana cara membuat masker wajah dari ketiga bahan tersebut? Yuk, intip langkah-langkah yang dibagikan pengguna TikTok @minimallymay_, Senin (8/5).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES